Scroll to Top

Minum Air Terlalu Banyak Bisa Membahayakan Jiwa

By C Novita / Published on Friday, 09 Nov 2012

minum air terlalu banyak bisa berbahaya

Air sangat dibutuhkan dalam kehidupan sebab tanpa air manusia bisa menemui ajal lebih cepat dibanding tanpa makanan. Namun minum air terlalu banyak pun bisa berbahaya bagi kehidupan Anda.

Seseorang bisa meninggal karena dehidrasi, namun juga bisa meninggal karena over-hidrasi. Pada over-hidrasi air yang Anda minum membuat cairan tubuh Anda menjadi encer hingga tingkat natrium yang ada dalam sel menjadi sangat rendah dan terjadi pembengkakan dalam sel.

Hal tersebut berbahaya sebab efeknya terjadi juga di sel otak dan dapat menyebabkan seseorang hilang kesadaran, kejang-kejang, bahkan koma dan bahkan meninggal dunia.

Untuk pelari jarak jauh, over-hidrasi juga mampu membahayakan jiwa mereka sehingga para olahragawan itu harus menahan diri untuk tak minum terlalu banyak walau rasa haus menerpa mereka saat sedang berolahraga.

Jika seseorang minum terlalu banyak atau lebih dari pada yang dibutuhkan oleh tubuh, maka kerja ginjal akan menjadi berat dalam menyaring kelebihan air dari sistem peredaran darah Anda.

Jumlah maksimal yang boleh dikonsumsi oleh manusia dengan berat tubuh 100 kg adalah 3 liter air. Tak boleh lebih. Dikutip dari situs Timesofindia, Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) mengatakan bahwa ada sekitar 1.600 kematian akibat over-hidrasi di dunia.

Untuk para olahragawan, biasanya mereka mengatur konsumsi air minum untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dengan meminum air sedikit-sedikit selama pertandingan berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda