Scroll to Top

Lionel Messi Diserang Kampanye Negatif Menjelang Ballon d’Or?

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 10 Nov 2012

Lionel Messi Diserang Kampanye Negatif Menjelang Ballon d'Or?

Lionel Messi menghadapi kampanye negatif menjelang Ballon d’Or 2012. Setidaknya demikian yang disampaikan oleh rekannya sesama pemain Barcelona, Dani Alves. Menurut Alves, ada media yang berupaya merusak nama Messi hanya beberapa pekan sebelum gelar pemain terbaik dunia tahun ini diumumkan. Tujuan media ini adalah untuk memberi ruang lebih lebar bagi Cristiano Ronaldo, penyerang Real Madrid, yang selama ini ‘diadu’ dengan Messi untuk meraih Ballon d’Or. Padahal sudah tidak dapat disangkal lagi, bahwa Lionel Messi yang akan mendapatkan gelar tersebut, versi Alves. Benarkah demikian?

“Fakta bahwa Leo (Messi) mencetak gol, bermain apik, dan seorang jenius, sudah tidak menjual lagi (di pasaran). Kini media menjual berita lain: pertengkaran Messi dan Villa (yang sama sekali tidak nyata),” demikian paparan Dani Alves.

Bek kanan Brazil yang musim ini dinilai tidak setangguh musim-musim sebelumnya, menyebut ada upaya dari media tertentu untuk menjatuhkan nama King Leo. Memberitakan hal buruk tentangnya agar Messi tak mendapatkan Ballon d’Or.

Sebelumnya, harian Spanyol, Marca, mengangkat berita seputar terjadinya konflik antara Lionel Messi dan David Villa dalam kekalahan Barcelona melawan Glasgow Celtic. Karena belum ada bukti yang dirilis, kebanyakan penggemar Barca berpendapat, Marca hanya ingin menciptakan sensasi. Namun, Alves menganalisis lebih jauh lagi.

“Kita tahu, dari mana (pemberitaan tentang Messi dan Villa berkonflik) berasal. Awalnya mereka membahas Cristiano yang bersikap buruk. Lantas, berupaya ‘memakaikan sepatu perilaku negatif’ tersebut pada kaki pemain lain (Lionel Messi). Perjalanan menjelang Ballon d’Or kini membosankan. Mereka (media) bisa memberikan gelar itu kepada siapa pun. Tapi sebenarnya, pemain terbaik dunia sudah diputuskan. Jika Messi sudah ada dalam daftar nominasi, tidak ada gunanya berdebat tentang siapa peraih Ballon d’Or.”

Di samping mengkritik media yang menurutnya menyebarkan isu negatif tentang King Leo, Dani Alves juga memberikan usul untuk Ballon d’Or. Ia berharap agar FIFA memberikan gelar pemain terbaik dunia berdasarkan posisi pemain.

Ada sebuah kecenderungan, hanya para penyerang saja yang berpeluang menjadi pemain terbaik dunia. Mereka adalah yang paling dapat diamati dibandingkan pemain lain. Dan hal ini, tidak adil untuk para gelandang, bek, atau kiper yang sama-sama berjuang di lapangan.

“Dengan cara ini, pemain seperti Xavi (Hernandez) dan Andres (Iniesta) akan menenangi gelar tersebut. Cukup menyedihkan, pemain menakjubkan seperti mereka, tidak memiliki Ballon d’Or,” sebut Alves.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda