Scroll to Top

Menghilangkan Noda Kuning Pada Ketiak Baju

By angelberta / Published on Saturday, 13 Aug 2011

hilangkan noda kuning pada ketiak bajuAnda mungkin kesal saat menjumpai noda kuning dibagian ketiak pada pakaian-pakaian kesayangan anda.

Apalagi noda itu menyerbu pakaian warna putih, tentu pemandangan ini benar-benar menjengkelkan.

Jangankan warna putih, noda-noda seperti ini juga hinggap di pakaian berwarna, hanya saja tidak terlihat jelas seperti pakaian warna putih.

Kenali penyebabnya dan ikuti langkah pencegahan sekaligus solusinya.

  • Bagaimana terjadinya noda kuning tersebut?

Noda kuning yang menempel dibagian ketiak baju Anda disebabkan oleh reaksi antara bahan-bahan anti-perspirant dan garam dalam keringat Anda.

Anti-perspirants mengandung senyawa aluminium untuk mengurangi basah, sehingga hasil reaksi tersebut menimbulkan warna kuning dan menempel lekat pada baju Anda.

Noda kuning memang tidak muncul dalam semalam, namun tanpa penanganan yang tepat dari pakaian secara teratur noda tersebut akan melekat dan merusak pemandangan baju indah Anda.

  • Adakah cara untuk mencegah noda?

Coba gunakan deodorant yang memiliki kandungan bebas aluminium. Anda bisa membaca labelnya dan Anda akan menemukan bahwa anti-perspirants memiliki berbagai tingkat senyawa aluminium.

Jadi, pilihlah deodorant dengan konten aluminium terendah yang memberikan perlindungan yang Anda butuhkan.

Setelah menggosokkan deodoran pada ketiak, biarkan dulu hingga kering sebelum berpakaian. Fungsinya adalah untuk mencegah gesekan senyawa di kain.

Jika Anda tidak punya waktu untuk menunggu, keringkan saja dengan menggunakan hair dryer.

Jika setelah selesai bepergian ternyata pakaian Anda penuh dengan keringat, segeralah mencuci bersih dan keringkan secepat mungkin. Jangan tunggu hari esok. Sebab noda jauh lebih sulit dihapus.

  • Sudah terlanjur kuning, bagaimana dong?

Mulai sekarang, selalu keringkan pakaian setiap kali setelah anda memakainya, ini untuk mencegah terjadinya kekuningan itu. Bila beberapa pakaian dibagian ketiak sudah terlanjur kuning, lakukan langkah dibawah ini.

Sukses tidaknya akan tergantung pada seberapa lama noda yang melekat dan kemeja yang selalu dicuci dengan pemutih terbaik.

    1. Untuk baju warna putih gunakan baking soda, peroksida, dan air dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Buatlah larutan dari tiga bahan tersebut. Ambillah larutan tersebut dan bubuhkan pada noda, gosok perlahan dengan handuk kecil antara 30 detik – 2 menit dan diamkan selama minimal 30 menit. Setelah itu gosok lagi dengan sikat gigi yang lembut untuk menlonggarkan kekakuan pada kain. Kemudian cuci bersih seperti biasa dengan air hangat atau dingin.
    2. Untuk baju berwarna terang (biru, kuning, pink), uji dulu dengan langkah pertama di tempat yang mencolok sebelum mencoba perawatan di bagian bawah lengan. Jika warna tidak memudar, lanjutkan seperti langkah untuk kemeja putih.
    3. Warna gelap, lakukan pencucian dengan menggunakan air dingin dan tambahkan satu cangkir cuka putih. Rendam selama minimal 30 menit. Tiriskan air cuka dan cuci seperti biasa dengan air dingin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda