Scroll to Top

Hasil MotoGP Valencia : Dani Pedrosa Menangi Balapan Penuh Insiden

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 12 Nov 2012

Kemenangan Dani Pedrosa di Valencia 2012

Kekacauan yang terjadi pada lomba MotoGP Valencia Spanyol terbukti bukan merupakan masalah bagi Dani Pedrosa. Meski harus memulai lomba dari pit lane, Pedrosa mampu keluar menjadi juara seri terakhir di musim 2012 tersebut.

Kondisi lintasan yang mulai mengering menjadi alasan bagi Pedrosa untuk beralih menggunakan ban slick dari sebelumnya ban basah yang membuatnya harus memulai lomba dari pit lane.

Jorge Lorenzo yang memulai lomba dari posisi kedua, sejak awal telah menggunakan ban tipe slick. Meski sempat mundur ke posisi delapan selepas start, Lorenzo perlahan mulai menemukan kecepatannya seiring membaiknya kondisi lintasan.

Ia pun sempat memimpin lomba dan menjauh dari kejaran pembalap-pembalap lain yang sebagian masih menggunakan ban basah.

Namun kesialan datang kepada Lorenzo di pertengahan lomba. Lorenzo terjatuh dengan keras akibat kehilangan grip ban belakang  motornya saat hendak melakukan overlap melewati James Elison. Ia gagal melanjutkan lomba setelah mendapati motornya rusak parah.

Pedrosa yang merangkak naik dari posisi belakang berhasil mengambil alih pimpinan lomba diikuti Cal Crutchlow dan pembalap pengganti Ben Spies di tim Factory Yamaha, Katsuyuki Nakasuga.

Setidaknya 9 pembalap gagal finis dalam lomba kali ini. Beberapa diantaranya mengalami kecelakaan akibat kondisi permukaan lintasan yang licin. Salah satu korban keganasan sirkuit Ricardo Tormo adalah Crutchlow.

Crutchlow  terjatuh pada tujuh putaran jelang finis saat sedang berada di posisi kedua. Posisinya pun akhirnya diambil alih Nakasuga.

Pedrosa akhirnya finis di posisi pertama diikuti oleh Nakasuga. Kemenangan di seri Valencia ini merupakan kemenangan ke-7 Pedrosa di musim 2012. Catatan tersebut sekaligus menandai musim 2012 sebagai musim terbaik sepanjang karir Pedrosa.

Saat tempat pertama dan kedua dipastikan menjadi milik Pedrosa dan Nakasuga, Alvaro Bautista dan Casey Stoner terlibat pertarungan perebutan posisi ketiga. Meski sempat memberikan perlawanan, Bautista akhirnya mengalah dari Stoner dan memilih bermain aman di posisi keempat.

Posisi kelima menjadi milik Michele Pirro dari Gresini CRT. Hasil tersebut membawa Pirro sukses tercatat  sebagai pembalap CRT dengan hasil finis lomba terbaik hingga saat ini.

Posisi keenam dan ketujuh menjadi milik Andrea Dovizioso dan Karel Abraham. Sementara tiga posisi terkahir di sepuluh besar dihuni Danilo Petrucci, James Ellison, dan Valentino Rossi.

Lomba di sirkuit Valencia menandai lomba terakhir Rossi bersama Ducati. Lomba ini juga merupakan yang terakhir bagi Casey Stoner yang memutuskan untuk pensiun dini.

Hasil MotoGP Valencia 2012:

  1.  Dani Pedrosa Honda 48m23.819s
  2.  Katsuyuki Nakasuga Yamaha + 37.661s
  3.  Casey Stoner Honda + 1m00.633s
  4.  Alvaro Bautista Gresini Honda + 1m02.811s
  5.  Michele Pirro Gresini FTR-Honda + 1m26.608s
  6.  Andrea Dovizioso Tech 3 Yamaha + 1m30.423s
  7.  Karel Abraham Cardion Ducati + 1m31.789s
  8.  Danilo Petrucci Ioda Suter-BMW + 1 lap
  9.  James Ellison Paul Bird Aprilia + 1 lap
  10.  Valentino Rossi Ducati + 1 lap
  11.  Aleix Espargaro Aspar Aprilia + 1 lap
  12.  Randy de Puniet Aspar Aprilia + 2 laps
  13.  Hiroshi Aoyama Avintia FTR-Kawasaki + 2 laps
  14.  Colin Edwards Forward Suter-BMW + 3 laps

Retirements

  • Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha 22 laps
  • Claudio Corti Avintia Inmotec-Kawasaki 17 laps
  • Hector Barbera Pramac Ducati 16 laps
  • Jorge Lorenzo Yamaha 13 laps
  • Stefan Bradl LCR Honda 9 laps
  • Roberto Rolfo Speed Master Aprilia 6 laps
  • Ivan Silva Avintia FTR-Kawasaki 2 laps
  • Nicky Hayden Ducati 2 laps

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda