Scroll to Top

Levante vs Real Madrid 1-2: Alvaro Morata Sang Penyelamat

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 12 Nov 2012

Levante vs Real Madrid 1-2

Satu gol awal dari Cristiano Ronaldo belum cukup menyelamatkan Real Madrid dari pertarungan di bawah hujan melawan Levante. Sebelum, ada Alvaro Morata. Bertanding di Ciutat de Valencia pada Senin, 12 November 2012, Los Blancos sukses memetik tiga angka dalam hasil pertandingan Levante vs Real Madrid skor 1-2. Diwarnai cederanya Cristiano Ronaldo, penalti Xabi Alonso yang gagal, skor 1-1 hingga menit 84, Real Madrid patut berterima kasih pada Alvaro Morata. Sang bocah sukses menjadi penyelamat dengan menjadi pencetak skor Real Madrid vs Levante enam menit sebelum peluit panjang berbunyi. Hasil Liga Spanyol ini membawa Real Madrid tetap menguntit Barcelona dan Atletico Madrid.

Los Blancos memulai pertandingan Levante vs Real Madrid dalam keadaan tidak menyenangkan. Barcelona dan Atletico Madrid sama-sama sudah memenangi laga. Artinya, tekanan ada di pundak pasukan Jose Mourinho untuk meraih kemenangan. Cristiano Ronaldo dkk. pun memiliki rekor tak apik dalam tiga lawatan terakhir ke Ciutat de Valencia. Dua kali tumbang. Dan hujan yang mengguyur kota Valencia tak berhenti hingga laga dimulai.

Ketakutan Real Madrid untuk sulit bergerak di markas Levante, menjadi nyata di menit 3. Cristiano Ronaldo menerima sikutan David Navarro. Darah mengucur di daerah sekitar mata Ronaldo. Butuh waktu enam menit untuk CR7 kembali ke lapangan, dengan mata kiri yang ditutup perban.

Perjuangannya kelak tak sia-sia. Namun sebelumnya, The Special One mengubah formasi. Jika awalnya CR7 adalah penyerang tunggal, kini giliran Jose Callejon yang dipasang sebagai penggedor utama. The Special One tampak hati-hati agar cedera Ronaldo tak makin parah; dan timnya akan kehabisan penyerang.

Setelah beberapa momen, Ronaldo akhirnya bisa membayar keberaniannya tetap tampil di lapangan. Menit 21, tendangan Xabi Alonso dari sisi kiri pertahanan Levante menemui jalan ke arah CR7. Sekali kontrol, Ronaldo tak membuang kesempatan untuk menaklukkan Gustavo Munua. Sebuah penyelesaian dari finisher terbaik dunia. 0-1 untuk Madrid.

Levante vs Real Madrid 1-2 (2)

Hujan membuat pertandingan tak berlangsung nyaman. Hingga turun minum, skor 0-1 tak berubah. Dan babak kedua, drama yang lebih menegangkan dimulai. Jose Mourinho tak punya pilihan lain. Cristiano Ronaldo ditarik, dan Raul Albiol dimasukkan. Madrid langsung diteror oleh tembakan Juanlu di menit 47.

Madrid membuang kesempatan emas pada menit 60. Sebuah peluang yang mungkin 99,9% gol. Melalui sebuah tendangan sudut, bola mengarah pada Sergio Ramos. Upayanya membentur Papakouli Diop, hanya membentur mistar dan diamankan oleh Vicente Iborra.

Horor hujan bagi Real Madrid datang di menit 62. Umpan Jose Barkero kepada Obafemi Martins dilanjutkan sang penyerang Nigeria pada Angel Rodriguez. Sang Nomor 9 memenangi duel atas Pepe yang tak bisa berbuat banyak oleh hujan, dan menyarangkan gol ke gawang Iker Casillas. Ciutat de Valencia masih menjadi misteri bagi Madrid.

Levante vs Real Madrid 1-2 (3)

Dunia seperti terbalik bagi Los Blancos dalam satu menit, pada menit 71. Setelah Ricardo Kaka masuk ke lapangan, Jose Callejon ‘dijatuhkan’ oleh David Navarro. Demikian keputusan wasit Cesar Muniz. Namun, lagi-lagi, kesempatan emas di depan mata lenyap.

Xabi Alonso, pria yang menjadi algojo penalti di sekian kesempatan, kini gagal di depan Gustavo Munua. Kiper asal Uruguay dengan jitu menebak tendangannya. Momen heroik yang membakar seisi Ciutat de Valencia di bawah hujan.

Dan Jose Mourinho. Ia memasukkan Alvaro Morata untuk menggantikan Mesut Ozil. Hanya selang semenit setelah hadir di lapangan, penyerang muda Los Blancos membuktikan bahwa ia sangat layak diandalkan. Umpan cantik Xabi Alonso dengan jitu ditanduknya. 1-2 di menit 84.

Skor akhir 1-2 untuk kemenangan penting Real Madrid. Membuat mereka tetap mengejar Barcelona di klasemen Liga Spanyol. Membawa mereka membalas dendam tahun lalu ketika tumbang di Ciutat de Valencia 1-0. Dan membuktikan kualitas Alvaro Morata, yang bisa diandalkan Jose Mourinho sebagai starter.

Levante (4-2-3-1):1-G. Munúa; 19-Pedro López, 18-Ballesteros, 4-David Navarro, 12-Juanfran; 23-P. Diop, 10-Iborra; 20-Juanlu, 7-Barkero, 8-N. El Zhar (9-Ángel 55′); 24-O. Martins

Pelatih: Juan Ignacio Martinez

Real Madrid (4-2-3-1):1-Casillas; 17-Arbeloa (8-Kaka 70′), 4-Sergio Ramos, 3-Pepe, 5-Fábio Coentrão; 14-Xabi Alonso, 15-M. Essien; 10-M. Özil (29-Álvaro Morata 83′), 22-A. di María, 21-José Callejón; 7-Cristiano Ronaldo(18-Albiol 46′)

Pelatih: José Mourinho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda