Nexus 10 Dibongkar, Lebih Mudah Diperbaiki Daripada iPad Mini & iPad 4

Nexus 10

Beberapa waktu lalu tablet iPad 4 dan iPad Mini telah dibongkar, kali ini giliran tablet Nexus 10 besutan Google yang dibongkar. Nexus 10 dibongkar oleh PowerBookMedic yang mengatakan bahwa Nexus 10 lebih mudah diperbaiki dibanding iPad Mini dan iPad 4.

Berbeda dengan iPad Mini dan iPad 4 yang telah dibongkar oleh iFixit, tablet Nexus 10 ini dibongkar oleh PowerBookMedic. Situs PowerBookMedic ini untuk pertama kalinya memosting artikel membongkar tablet.

Tablet Nexus 10 sendiri adalah tablet besutan Google yang dilengkapi dengan layar 10 inci dengan resolusi 2560 x 1600 piksel dengan kerapatan layar mencapai 300 ppi (pixel per inch).

Nexus 10 ditenagai oleh prosesor Samsung Exynos 5250 dual-core dengan kecepatan 1,7GHz yang didukung dengan memori RAM sebesar 2GB serta grafis dari Mali T604. Tablet Nexus 10 menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean.

Berdasarkan keterangan dari PowerBookMedic, tablet Nexus 10 ini sangat mudah dibongkar. Berbeda dengan Apple yang banyak menggunakan lem pada perakitan produknya, sehingga lebih sulit dibongkar.

Google dan Samsung menggunakan pendekatan berbeda untuk Nexus 10. Tablet Nexus 10 ini sangat mudah di bongkar komponennya. Ini berarti jika salah satu komponen Nexus 10 rusak amaka akan lebih mudah melakukan penggantian dibanding iPad Mini maupun iPad 4.

PowerBookMedic mengatakan bahwa Nexus 10 ini tak banyak menggunakan lem dan untuk membuka casing belakang hanya perlu sebuah obeng, suction cup, dan sedikit kekuatan untuk memisahkan tutup belakang dengan layar Nexus 10. Melepas komponen lain seperti baterai juga dapat dilakukan dengan mudah.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (18/11/2012), sedikitnya penggunaan lem dan konsep pendekatan yang berbeda yang dilakukan oleh Samsung dan Google membuat tablet Nexus 10 ini lebih mudah dibongkar dan diperbaiki.

Komentar Anda

Leave A Response