Scroll to Top

Website Lambat Adalah Kesalahan Fatal Dalam Bisnis Online

By Ditya / Published on Tuesday, 20 Nov 2012

World Wide Wait

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa akses website yang lambat adalah kesalahan fatal dalam bisnis. 56 persen konsumen yang menghabiskan waktu 2 jam untuk berbelanja online membatalkan niat berbelanja karena akses ke website lambat.

Dewasa ini, bisnis online seperti toko online kian marak. Selain menawarkan kemudahan dalam berbelanja, solusi berbelanja online memang sangat cocok bagi orang yang sibuk dan tak punya waktu untuk belanja di pusat perbelanjaan.

Perusahaan pemantau bisnis web dan solusi cloud, Monitis, menemukan bahwa 74 persen dari konsumen toko online mengatakan bahwa mereka akan pindah ke website atau toko online pesaing jika konsumen dapat menemukan pengalaman membuka website yang lebih cepat daripada toko online yang digunakan saat ini.

Hasil survei ini jelas sangat tidak menguntungkan bagi toko online yang akses ke situsnya lambat. Konsumen tak akan segan-segan beralih ke toko online pesaing dengan waktu singkat jika toko tersebut menawakan akses website yang lebih cepat.

Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa lebih dari setengah pembeli online (61%) mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan toko online jika website toko online tersebut membutuhkan waktu lebih lama dar 30 detik dan beralih ke website yang lebih cepat.

Hendaknya pengembang merancang website toko online yang informatif, menarik, dan cukup ‘ringan’ untuk diakses dengan koneksi yang tak terlalu cepat. Tak hanya itu, pemilihan hosting serta lokasi server yang digunakan untuk toko online juga mempengaruhi kecepatan akses website toko online.

“Menghindari downtime adalah tujuan utama untuk web developer dan desainer saat memelihara website. Kesuksesan dapat dipengaruhi oleh batas minimum uptime untuk memenuhi harapan pembeli.”

“Konsumen beralih ke toko online lain untuk kenyamanan, sehingga sangat penting bahwa e-retailer memastikan pengalaman belanja yang positif dengan berfokus pada kecepatan dan usabilitas website,” kata Hovhannes Avoyan, General Manager di Monitis, seperti yang dilansir dari TechRadar (20/11/2012).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda