Scroll to Top

Tiga Manfaat Minum Teh Hijau Saat Musim Hujan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 22 Nov 2012

Girl drinking tea

Musim hujan telah tiba. Selama beberapa bulan ke depan tetap ada yang mesti diwaspadai. Salah satunya adalah penyakit musiman yang kerap hadir dalam rutinitas hujan harian. Umumnya, kedatangan musim ini membawa bibit penyakit seperti flu, batu, pilek, meriang, diare, hingga demam berdarah.

Selain mesti rajin bersih-bersih lingkungan, Anda juga harus mencegah bibit penyakit. Kekebalan tubuh harus lebih ditingkatkan. Nah, salah satu cara enak untuk mencegah sakit adalah minum teh hijau. Dikutip dari Health, ada tiga  manfaat teh hijau Anda yang berguna saat musim hujan tiba:

  1. Menurunkan berat badan dan menguatkan tubuh. Teh hijau membantu menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Tubuh Anda pun menjadi berenergi sekali pun dinginnya hujan kadang membuat malas. Mungkin ini juga momen yang tepat dalam berdiet. Lemak tubuh lebih mudah terbakar karena hawa dingin dan terjadi percepatan metabolisme karena minum teh hijau.
  2. Mencegah bibit penyakit menginfeksi tubuh. Teh hijau memliki zat katekin. Zat ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu minuman ini juga berfungsi sebagai antivirus. Sebuah studi di Jepang menemukan, anak-anak yang minum teh hijau enam hari berturut-turut memiliki risiko terkena flu lebih rendah.
  3. Menyingkirkan stres. Teh hijau memiliki kadar kafein yang lebih tepat bagi tubuh dibanding kopi. Kadar kafeinnya setengah kali lebih rendah dari kopi. Dosis kafein yang tepat bisa menjadi cara untuk menurunkan tingkat stres. Aroma teh hijau juga membuat pikiran lebih tenang. Dengan menyingkirkan stres di pikiran, artinya Anda sudah mencegah hadirnya beragam penyakit. Contohnya adalah tekanan darah tinggi, diabetes, jantung, stroke, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda