Scroll to Top

Real Betis vs Real Madrid 1-0: Gagal Memotong Jarak dari Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 25 Nov 2012

Real Betis vs Real Madrid

Real Madrid kalah ketika Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol. Di depan para penonton di Estadio Benito Villamarin pada Minggu, 25 November 2012, Los Blancos secara mengejutkan tumbang lewat hasil pertandingan Real Betis vs Real Madrid skor 1-0. Benat, gelandang internasional Spanyol, menjadi satu-satunya pencetak skor dalam pertandingan ini. Kesalahan para punggawa Real Madrid dan lemasnya tenaga mereka, membuat Real Betis melanjutkan kejutan di La Liga. Hasil Liga Spanyol ini membuat kubu Jose Mourinho tak bisa memotong jarak dari Barcelona. Mereka ada dalam posisi sulit untuk mempertahankan gelar juara. Barcelona, sang rival abadi, unggul jumlah pertandingan, dan baru bermain esok hari.

Meskipun memenangi dua partai terakhir di kandang Real Betis, sejatinya dua laga tersebut dijalani dengan berdarah-darah. Barangkali menyadari hal ini, Jose Mourinho menurunkan skuad terbaiknya minus Marcelo yang cedera. Ya, 10 pemain dalam formasi ideal 4-2-3-1 kecuali Fabio Coentrao, adalah mereka yang sudah ditempa sejak awal masa kepelatihan The Special One. Sementara itu, kubu Benito Villamarin sudah pasti mengandalkan serangan balik menghadapi  klub ibukota, dengan mengandalkan Ruben Castro yang tengah membara.

Melawan tim yang dari segi kualitas pemain cukup timpang, Real Madrid berniat memburu gol secepat mungkin. Namun, mereka kehilangan kreativitas untuk mencari celah di lini belakang Real Betis sepanjang 15 menit awal. Sebaliknya, kubu Pepe Mel yang sibuk bertahan, menemukan celah tersebut dan berhasil membidik sebuah gol.

Menit 16, berawal dari kesalahan Angel Di Maria dan Sami Khedira, Benat memanfaatkan keadaan. Gelandang internasional Spanyol lepas dari Khedira, lantas meluncurkan tembakan yang menaklukkan Iker Casillas. Satu yang dipelajari Mourinho dari gol ini, adalah, Benito Villamarin masih tidak terlalu bersahabat dengannya.

Tertinggal 1-0, Madrid berupaya menyerang dan terus menyerang. Namun, mereka seperti kehilangan daya setelah tampil super di dua laga terakhir, melawan Athletic Bilbao dan Manchester City. Bahkan Ruben Castro nyaris membobol gawang Iker Casilas dari sudut sempit di menit 22.

Pencarian gol Madrid tetap tak berujung hingga turun minum. Dan sang ahli strategi mengganti duo posisi vital di lini tengah Los Blancos. Duo Jerman, Mesut Ozil dan Sami Khedira ditarik keluar. Kesempatan diberikan kepada Luka Modric dan Ricardo Kaka untuk membuat berbagai alternatif menghadapi benteng pasukan Pepe Mel yang dibangun sejak dari lini tengah.

Serangan Madrid membanjir. Gol mereka di menit 54 dianulir karena off side. Los Blancos juga memiliki peluang emas ketika Karim Benzema dihalangi Angel untuk mencocor bola diagonal yang melintas gawang Betis di menit 60. Selang semenit, Adrian yang sepanjang pertandingan tampil ciamik, masih terlalu tangguh untuk percobaan tendangan Kaka dari luar kotak penalti. Semua belum memberikan ancaman serius untuk Real Betis yang pekan lalu dibantai di Derby Sevilla.

Perjuangan Real Madrid terus berlanjut. Sementara Pepe Mel mengulur-ulur waktu dengan pergantian pemain yang sistematis. Plus sembilan pemain yang bergerak di daerah dekat kotak penalti. Dan tak dilupakan, seruan di seluruh penjuru Benito Villamarin yang menginginkan para pejuang mereka mengambil angka penuh dari sang juara bertahan.

Skor akhir 1-0 untuk kemenangan Real Betis. Real Madrid yang saat ini terpaut delapan angka, harus berharap keajaiban datang di Ciutat de Valencia. Jika tidak, jarak sembilan atau bahkan sebelas angka membentang di depan mata. Barangkali para punggawa Los Blancos perlu menganggap semua lawan setara dengan klub-klub elite yang selama ini mereka hancurkan.

Real Betis (4-2-3-1): 13-Adrián; 7-Ángel López (23-Nacho ’75), 4-Antonio Amaya, 5-Dorado, 6-Ale Martínez; 10-Beñat, 21-Cañas; 14-Salva Sevilla (20-N. Igiebor ’80), 18-Salvador Agra, 17-Juan Carlos (19-Jorge Molina ’62); 24-Rubén Castro

Pelatih: Pepe Mel

Real Madrid (4-2-3-1): 1-Casillas; 17-Arbeloa, 4-Sergio Ramos, 3-Pepe, 5-Fábio Coentrão; 14-Xabi Alonso, 6-S. Khedira (19-L. Modric ’46), 10-M. Özil (8-Kaka ’46), 22-A. di María (21-Callejon ’62), 7-Cristiano Ronaldo; 9-K. Benzema

Pelatih: José Mourinho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda