fjb kaskus

Situs komunitas online terbesar di Indonseisa, Kaskus, dikabarkan akan mengembangkan Forum Jual Beli atau FJB menjadi bisnis e-marketplace pada tahun 2013 mendatang.

Forum Jual Beli atau FJB Kaskus adalah sebuah forum jual beli terbesar dengan nilai transaksi mencapai 575 miliar tiap bulannya. Kaskus yang didirikan oleh Andrew Darwis, Roland Stephanus, dan Budi Dharmawan ini dikunjungi sekitar 22 juta pengunjung per bulan dan 10 juta diantaranya aktif melakukan transaksi melalui FJB.

Chief Executive Officer Kaskus, Ken Dean Lawadinata, mengatakan bahwa FJB sangan potensial untuk dikembangkan menjadi bisnis e-marketplace atau pasar digital layaknya Berniaga dan TokoBagus.

“Kami rencanakan kuartal pertama tahun depan sudah terbentuk. ‘Marketplace’ itu kami ciptakan untuk menghilangkan keraguan calon pembeli ketika akan bertransaksi melalui FJB, karena kami dapat melacak jejak transaksi di ‘marketplace’,” kata Ken Dean Lawadinata, CEO Kaskus.

Salah satu hal yang paling sering dialami oleh pembeli di Forum Jual Beli (FJB) Kaskus adalah ragu akan track record penjual yang menawarkan dagangannya di FJB dengan pertanyaan ‘penjual ini terpercaya tidak?’. Menurut Ken Dean Lawadinata, hadirnya marketplace akan mengatasi masalah keraguan ini.

Ken Dean Lawadinata menambahkan bahwa hadirnya e-marketplace akan membuat Kaskus lebih berperan sebagai perantara transaksi dari penjual ke pembeli dan menggunakan sistem pembayaran yang disebut sebagai Kaspay.

Seperti yang dilansir dari AntaraNews (24/11/2012), Ken Dean Lawadinata juga mengatakan bahwa pihaknya berharap pengguna akan bertambah antara 35 hingga 40 juta dengan hadirnya solusi e-marketplace.