Share

Saphire Edge VS8

Sapphire, salah satu partner AMD ini tak hanya mengusung jajaran kartu grafis AMD Radeon, namun juga Mini PC. Sapphire meluncur kan komputer mini seri Edge VS8 yang ditenagai oleh AMD APU Trinity quad-core.

APU (Accelerated Processing Unit) Trinity adalah APU generasi terbaru dari AMD yang menggunakan prosesor berbasis AMD Piledriver yang digabungkan dengan teknologi grafis AMD Radeon seri 7000.

Sapphire yang te;ah terkenal melalui produk kartu grafis berbasis AMD Radeon ini mencoba peruntungannya di pasar komputer mini. Seperti yang kita tahu, tren komputer mini akhir-akhir ini sedang naik daun dan telah banya produsen komputer yang telah meluncurkan produk komputer mini.

Sapphire meluncurkan komputer mini Edge VS8 yang ditenagai oleh prosesor AMD APU Trinity. Sekilas, komputer mini Sapphire Edge VS8 ini mirip seperti sebuah router WiFi, karena bentuknya yang mungil.

Meski berukuran mini, Sapphire Edge VS8 ini mengusung spesifikasi yang cukup baik. Sapphire Edge VS8 ini ditenagai oleh prosesor AMD APU Trinity quad-core dengan kecepatan 1,6GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB dan didukung grafis dari AMD Radeon HD 7600G.

Grafis Radeon HD 7600G ini telah memiliki kemampuan untuk memutar video high definition dan standar Microsoft DirectX 11. Soal ruang penyimpanan, Sapphire Edge VS8 ini dibekali hardisk 2,5 inci dengan kapasitas 500GB.

Tak hanya itu, komputer mini Sapphire Edge VS8 ini juga dibekali port Ethernet, WiFI, Bluetooth, HDMI output, mini DisplayPort, port USB 3.0, port USB 2.0 dan card reader.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (23/11/2012), Sapphire Edge VS8 datang dengan sistem operasi FreeDOS. Pengguna dapat menggantinya dengan sistem operasi Windows Vista, 7 atau Windows 8. Secara umum, komputer mini Sapphire Edge VS8 ini sangat cocok digunakan sebagai Home Theatre Personal Computer (HTPC).