Teh Hitam Turunkan Risiko Diabetes

black tea

Penelitian tentang teh sudah banyak dikaji. Dan, baru-baru ini sebuah studi tentang teh melihat adanya kegunaan teh dalam mencegah diabetes. Studi yang dimuat dalam jurnal BMJ Open itu menyoroti mengenai teh hitam dalam mempengaruhi kesehatan orang-orang di daerah yang punya budaya minum teh hitam.

Dalam studi ini dilakukan dengan mengumpulkan data kesehatan di 50 negara yang kebanyakan rakyatnya suka minum teh hitam. Misalnya negara Meksiko, Maroko, Brazil, China, dan Korea Selatan. Seperti dikutip Huffington Post, negara-negara tersebut ternyata memiliki masyarakat yang memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami diabetes. Temuan ini semakin membuktikan konsistensi manfaat teh hitam untuk pencegahan diabetes dari satu studi ke studi lain.

“Ini mungkin terlalu dini untuk mengatakan bahwa teh hitam benar-benar bisa melindungi terhadap diabetes. Tetapi temuan ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang juga telah menyarankan sebuah kaitan,” kata Dr Ariel Beresniak,  peneliti dari Data Mining Internasional di Swiss.

Peneliti mengumpulkan data tentang konsumsi minum teh hitam dengan tingkat penyakit di 50 negara. Data yang dipakai adalah hasil World Health Survey tahun 2009. Penyakit yang diamati meliputi diabetes, penyakit jantung, kanker, penyakit pernapasan, dan penyakit menular.

Hasilnya, dari negara-negara yang banyak mengonsumsi teh hitam tercatat memiliki sedikit masalah yang berhubungan dengan diabetes. Penyakit ini hanya diderita oleh sedikit orang di negara tersebut. Tapi, peneliti tidak melihat ada pengaruh lain dari teh hitam pada penyakit lain selain diabetes.

Komentar Anda

Leave A Response