Scroll to Top

Kekurangan Vitamin D Bisa Memicu Diabetes Tipe 1

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Nov 2012

cek darah

Kekurangan vitamin D diduga memiliki kontribusi dalam meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 ini adalah kategori diabetes yang parah, karena tubuh tidak bisa lagi mengembangkan insulin untuk memecah gula darah. Penderitanya harus mendapatkan suntikan insulin selama hidupnya. Demikian menurut studi terbaru dari Universitas California, San Diego School of Medicine.

Dalam studi ini, peneliti melakukan pegamatan terhadap 2.000 sampel darah dari berbagai individu. Proses pengamatan berlangsung selama enam tahun. Inilah studi yang pertama kali langsung menguji darah dengan memberikan sejumlah dosis vitamin D dan melihat respon langsung pada darah.

Jutaan sampel yang dibekukan tersebut lantas dicairkan. Peneliti lalu menganalisa 1.000 sampel darah orang sehat  yang memiliki risiko terkena diabetes tipe 1. Selain itu, dianalisa pula 1.000 sampel darah orang sehat yang tidak berisiko terhadap penyakit ini. Lalu, kedua sampel diteliti kandungan vitamin D Р25-hydroxyvitamin D (25 (OH) D) yang berada dalam darah.

Hasilnya, peneliti menemukan kadar 25 (OH) D yang diperlukan tubuh untuk mencegah diabetes tie 1 sebesar 50 ng/ml. Namun, peneliti juga mengungkapkan dosis minimal yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjauhkan diri dari diabetes.

“Meskipun ada beberapa kondisi yang mempengaruhi metabolisme vitamin D, bagi kebanyakan orang, 4000 IU per hari vitamin D3 diperlukan untuk mencapai tingkat yang efektif,” kata Cedric Garland, DrPH, FACE, professor di UCSD’s Department of Family and Preventive Medicine, seperti dikutip Times of India.

Garland mengingatkan, sebaiknya mengonsumsi vitamin D tidak lebih dari 1.000 mg per hari. Pasalnya, dosis di bawah 1.000 miligram adalah takaran yang lebih baik dalam memberikan manfaat bagi tubuh. Studi ini diterbitkan dalam Diabetologia, sebuah publikasi dari European Association for the Study of Diabetes (EASD).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda