Scroll to Top

Mencuci Daging Mentah Sebelum Dimasak itu Berbahaya

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Nov 2012

wash meat

Tidak disarankan memasak daging ayam dengan mencucinya terlebih dahulu. Pasalnya, bakteri yang ada di dalam daging ayam bisa berpindah tempat. Dalam daging ayam dimungkinkan terdapat bakteri patogen atau merugikan yang bisa menyebabkan keracunan dan risiko kesehatan lain

 “Mencuci (daging) unggas dapat memercikkan bakteri di sekitar dapur yang dapat mencemari (air),  keran, tangan Anda, peralatan, telenan, dan makanan yang tidak dimasak seperti salad atau makanan penutup,” kata Dr Michael Eyles, kepala Food Safety Information Council, seperti dikutip Times of India.

Sebenarnya bukan hanya daging ayam saja yang sebaiknya tidak langsung dicuci. Daging bebek dan kalkun pun sebaiknya juga tidak dicuci saat mau dimasak. Sebab, beberapa jenis daging tersebut dimungkinkan terdapat bakteri Campylobacter dan Salmonella. Dan, di Australia, kasus panyakit dengan sebab ini meningkat dua kali lipat selama 20 tahun terakhir.

Menurut sebuah survey, 84 persen dari bangkai ayam mentah terdeteksi mengandung Campylobacter. Sementara itu, ada 22 persen sampel daging yang memiliki bakteri Salmonella. Bakteri tersebut sering dikaitkan dengan kasus keracunan makanan.

Nah, jika ingin mengolah daging tersebut, sebaiknya lakukan pemasakan sementara agar bakteri yang ada bisa mati.  Keringkan bagian yang lembab memakai kertas. Misalnya, Anda merebusnya dengan air.. Kalau dagingnya beku, cairkan dulu.

Panaskan daging hingga suhu mencapai minimal 75 derajat Celcius. Lebih baik lagi kalau Anda memiliki termometer daging untuk  mengecek suhunya. Dilihat dari bentuknya, biasanya warna daging tidak secerah sewaktu belum dimasak. Setelah itu, daging bisa diolah menjadi berbagai menu masakan.

Selain itu, pisahkan peralatan masak yang dipakai untuk mengolah daging dengan lainnya. Jangan sampai daging mencemari bahan-bahan lain, seperti sayur. Cuci semua peralatan masak setelah dipakai mengolah daging. Termasuk, jangan lupa mencuci tangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda