Scroll to Top

Jaringan Kebal Hack Dan Malware Dikembangkan Ilmuwan

By Ditya / Published on Monday, 26 Nov 2012

domain internet

Sebuah jaringan yang diklaim kebal hack dan malware dikembangkan oleh ilmuwan dari Universitas Cambridge yang menggandeng Toshiba European reserach laboratory.

Penelitian mengenai jaringan kebal serangan hacker dan malware ini dituangkan dalam sebuah makalah yang berjudul Coexistence of High-Bit-Rate Quantum Key Distribution and Data on Optical Fiber. Para peneliti ini mengklaim bahwa mereka dapat melindungi jaringan tanpa perlu dedicated link serat optik.

Dalam dunia komunikasi digital tradisional, tidak mungkin bagi satu orang yang menerima satu set kunci enkripsi dari yang lain untuk mengetahui apakah atau tidak kunci telah dilihat oleh eavesdropper.

Namun, Quantum Key Distribution (QKD), yang mengkode kunci dalam keadaan kuantum dari media. Hal ini tak akan tak akan memungkinkan mengeksploitasi properti kuantum secara mendasar dan pada  mode kuantum, selalu ada jejak yang dapat dilacak.

Jaringan telekomunikasi sering mangsa hacker jahat mencoba untuk menyebabkan kerusakan, mencuri data, atau bahkan membahayakan data internet. Menggunakan kemajuan baru dalam kriptografi kuantum, para peneliti telah datang dengan enkripsi kode baru yang secara teoritis un-crackable oleh hacker jahat.

Secara teori memang tak jaringan yang dikembangkan oleh Universitas Cambridge dan Toshiba European research laboratory ini tak dapat di-crack. Namun, perlu digarisbawahi bahwa tak ada sistem atau jaringan di dunia ini yang 100 persen aman.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (25/11/2012), penelitian jaringan ini adalah sebuah kemajuan dari segi keamanan yang menggunakan solusi kuantum kriptografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda