Share

Indonesia

AFF Cup 2012 atau Piala AFF 2012. Turnamen terbesar antara negara-negara se-Asia Tenggara kembali digelar. Indonesia, yang belum pernah sekalipun menjuarai AFF Cup meski sudah tercatat empat kali masuk final, bergabung ke dalam Grup B bersama Singapura, Malaysia, dan Laos. Sementara itu, di Grup A tuan rumah Thailand mesti bertarung ketat dengan Filipina, Vietnam, dan Myanmar.  Mampukah Indonesia menembus final yang dalam jadwal Piala AFF 2012 akan diselenggarakan pada 19 dan 22 Desember 2012 mendatang?

Generasi baru Garuda tengah berjuang sekuat tenaga dalam Piala AFF 2012. Bertarung di babak penyisihan grup yang digelar di Malaysia, Indonesia sukses meraih empat angka dalam dua pertandingan pertama. Setelah ditahan imbang 2-2 oleh Laos pada partai pembuka, gol tunggal Andik Vermansyah sukses membuat kutukan Indonesia yang tak pernah menang dari Singapura dalam belasan tahun terakhir, lenyap.

Otomatis, saat ini timnas Garuda memimpin klasemen Grup B. Unggul satu angka dari Malaysia dan Singapura. Namun, perjuangan berakhir. Masih ada satu jadwal Piala AFF 2012 di babak penyisihan grup yang tersisa. Apa lagi kalau bukan laga melawan Malaysia. Kemenangan atau hasil seri sudah cukup bagi Garuda muda untuk menapak ke semifinal.

JAdwal Piala AFF 2012

Di Grup A, tuan rumah Thailand tampaknya sudah melupakan masa-masa muram ketika mereka kandas dengan mengenaskan pada AFF Cup 2010 di Jakarta dua tahun lalu. Bermain di kandang sendiri, Thailand menyapu bersih dua partai pertama. Acungan jempol layak diberikan kepada Teerasil Dangda, pria yang telah mengemas 4 gol dan memimpin daftar pencetak gol terbanyak di turnamen ini.

Di bawah Thailand, hingga matchday 2, ada Filipina yang berhasil membungkam Vietnam 1-0 dan berpeluang besar melanjutkan sensasi AFF Cup 2010, ketika negara ini mampu menembus semifinal. Namun, keberhasilan The Azkals masih bergantung pada pertandingan terakhir penyisihan grup yang akan digelar pada 30 November mendatang.

Layak ditunggu, hasil akhir persaingan di Grup A dan Grup B Piala AFF 2012. Mampukah Indonesia keluar dari Grup B dan memastikan tiket ke semifinal? Andai mampu mengempaskan Malaysia di laga terakhir, kemungkinan Filipina, Vietnam atau bahkan Myanmar —meski agak berat—- akan menjadi lawan pasukan Garuda di babak empat besar.

Sudah terlalu lama rakyat Indonesia menanti Garuda berprestasi. Ya, sejak SEA Games 1991, praktis belum ada gelar lain yang diboyong Indonesia. Apakah tahun ini gelar yang lama dirindukan itu akan lahir dari generasi baru timnas Indonesia?

Berikut ini jadwal lengkap pertandingan sisa Piala AFF 2012.

 

Babak Penyisihan Grup
GRUP A
30 November 2012:
Filipina vs Myanmar
Thailand vs Vietnam

GRUP B
1 Desember 2012:
Singapura vs Laos
Malaysia vs Indonesia

 

SEMIFINAL
Leg Pertama
8 Desember 2012
Runner-up Grup A vs Juara Grup B
9 Desember 2012
Runner-up Grup B vs Juara Grup A

Leg Kedua
12 Desember 2012
Juara Grup B vs Runner-up Grup A
13 Desember 2012
Juara Grup A vs Runner-up Grup B

FINAL
Leg Pertama
19 Desember 2012
Pemenang SF-1 vs Pemenang SF-2

Leg Kedua
22 Desember 2012
Pemenang SF-2 vs Pemenang SF-1