Scroll to Top

Barcelona vs Athletic Bilbao 5-1: Hasil Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 02 Dec 2012

Barcelona vs Athletic Bilbao 5-1 Hasil Liga Spanyol

Lionel Messi mencetak gol lagi, Barcelona menang lagi. Ya, Barcelona untuk kesekian kalinya mengatasi lawan mereka di Liga Spanyol. Bermain di kandang sendiri, Camp Nou, Lionel Messi dkk. sukses menciptakan hasil pertandingan Barcelona vs Athletic Bilbao skor 5-1. Selain King Leo,  Gerard Pique, bunuh diri Fernando Amorebieta, Adriano, dan Cesc Fabregas membuat skor Barcelona vs Bilbao demikian lebar. Hasil Liga Spanyol ini membuat pasukan Tito Vilanova terus melaju dengan kecepatan tinggi. Memuncaki klasemen La Liga hingga pekan ke-14 dengan nilai 40. Catatan terbaik sepanjang sejarah La Liga. Plus, terus menjauh dari Duo Madrid, Real Madrid dan Atletico Madrid.

Bertanding di Camp Nou dalam laga Barcelona vs Athletic Bilbao, Tito Vilanova memainkan Adriano Correia sebagai bek kanan. Selebihnya, tidak ada yang ‘aneh’ dalam skema 4-3-3-nya. Sementara itu, Marcelo Bielsa seperti bisa memilih Aritz Aduriz sebagai starter di depan alih-alih Fernando Llorente. Semangat juang yang tinggi dari pasukan Basque membuat mereka bisa mengimbangi Barcelona, setidaknya hingga ketajaman El Barca ‘bertindak curang’ atas mereka yang berani bertarung terbuka.

Setelah duel lini tengah yang cukup sengit antara kedua tim, Gerard Pique menjadi pencetak gol pertama dalam pertandingan Barcelona vs Athletic Bilbao. Menit 23, berawal dari tendangan sudut Lionel Messi, Cesc Fabregas melepaskan tembakan yang bisa ditepis oleh Gorka Iraizoz. Namun, Gerard Pique ada di posisi paling tepat untuk merebound bola. Sepakannya menandai lebarnya margin gol dalam pertandingan ini. 1-0.

Selang dua menit, momen tak menyenangkan kembali hadir untuk lini belakang tim tamu. Umpan terobosan Xavi Hernandez dilanjutkan dengan aksi Lionel Messi untuk melewatkan bola di atas kepala Gorka Iraizoz. Fernando Amorebieta ada dalam posisi serba salah. Upayanya membuang bola justru membuahkan gol bunuh diri. Tertinggal 2-0 dalam 25 menit bukanlah hal baik jika Anda melawan Barcelona.

Pasukan Tito Vilanova kembali berpesta di ujung babak pertama. Lionel Messi melakukan pergerakan cantik meski dikepung sekian prajurit Basque. Sodorannya kepada Cesc Fabregas dilanjutkan dengan umpan terukur kepada Adriano Correia yang datang dari belakang untuk mengoyak gawang Iraizoz. 3-0, dan skor belum berhenti.

Barcelona vs Athletic Bilbao 5-1: Hasil Liga Spanyol

Babak kedua berjalan 12 menit, Barca kembali melenggang. Kali ini giliran Cesc Fabregas yang membuat publik Camp Nou bersorak. Memanfaatkan umpan Andres Iniesta, dengan satu sentuhan, Fabregas membuat perbedaan semakin melebar.

Athletic pantang menyerah. Sebuah gol cantik sempat diciptakan. Ander Iturraspe mengirimkan umpan terobosan lambung yang demikian menawan, mengecoh para bek Barca yang menyangka jebakan off side mereka berhasil. Ibai Gomez pun dengan mudah menyarangkan bola ke gawang Victor Valdes. Ibai sendiri yang membawa bola ke tengah lapangan. Tapi, Barca menolak jika hanya mencetak 4 gol.

Lionel Messi mencetak gol ke-20-nya di Liga Spanyol. Itu terjadi di menit 70. Memanfaatkan assist Pedro Rodriguez, King Leo yang berada di posisi kurang ideal, mengirimkan tembakan kaki kanan yang melengkung manis menaklukkan Gorka Iraizoz. Mimpi buruk Athletic di Santiago Bernabeu pun terulang.

Skor akhir 5-1 untuk keunggulan Barcelona. Dan 19 klub lain di Liga Spanyol akan bertanya dua hal saja. Kapan Lionel Messi berhenti mencetak gol. Dan kapan pasukan Tito Vilanova akan tumbang. Meraup 40 dari 42 angka yang tersedia, bukan pekerjaan mudah untuk siapa pun. Bahkan untuk sebuah tim yang berlabel tim terbaik dunia.

Barcelona (4-3-3): 1-Valdés; 21-Adriano Correia (19-Montoya ’73), 3-Piqué, 14-J. Mascherano18-Jordi Alba; 4-Fàbregas 6-Xavi, 16-Busquets (25-A. Song ’75); 10-L. Messi, 17-Pedro, 8-Iniesta (11-Thiago Alcântara ’74)

Pelatih: Tito Vilanova

Athletic Bilbao (4-3-3): 1-Iraizoz; 28-Ramalho (6-San José 73′, 5-F. Amorebiet, 23-Ekiza, 3-Aurtenetxe; 8-Iturraspe. 21-Ander Herrera, 10-De Marcos; 11-Ibai, 14-Susaeta (2-Toquero ’64), 20-Aduriz (9-Llorente ’46)

Pelatih: Marcelo Bielsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda