Scroll to Top

Valencia: Mauricio Pellegrino Dipecat

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 02 Dec 2012
Mauricio Pellegrino
Mauricio Pellegrino (paling kiri)

Valencia akhirnya memecat Mauricio Pellegrino pasca kekalahan telak mereka dari Real Sociedad di Mestalla dengan skor 2-5. Di bawah asuhan Pellegrino, Los Che memang terlihat kurang gereget. Prestasi mereka lolos ke 16 besar Liga Champions, tidak diiringi penampilan apik di Liga Spanyol; yang membuat mereka masih berkutat di papan tengah La Liga hingga pekan ke-14.

Takdir kadang berjalan dengan unik. Akhir musim lalu, Unai Emery, pelatih yang sukses membawa Valencia menduduki peringkat ketiga dalam tiga musim berturut-turut (hanya kalah dari Barcelona dan Real Madrid) tak memperpanjang kontrak. Emery memilih melabuhkan hati pada Spartak Moskwa, klub Rusia. Sebagai pengganti, dipilihlah Mauricio Pellegrino, mantan bek Los Che pada musim 1999-2005.

Entah bagaimana, nasib kedua pelatih ini, bertalian erat. 25 November lalu, Emery tak kuasa lagi mempertahankan kedudukannya sebagai pelatih Spartak. Hasil buruk yang dialami klub Moskwa, terutama kekalahan 1-5 dalam Derby menghadapi Dynamo Moskwa menjadi alasan utama didepaknya sang pelatih. Dan, hanya berselang seminggu, giliran sang pengganti di Valencia yang bernasib serupa.

Ya, Mauricio Pellegrino tak bisa lagi tinggal di Mestalla. Kekalahan besar 2-5 atas Real Sociedad adalah titik kesabaran terakhir direksi Valencia kepadanya.

“Kami bertukar pandangan, berdebat, dan akhirnya memutuskan pemecatan Mauricio Pellegrino,” demikian gambaran presiden klub, Manuel Llorente seputar perdebatan direksi klub tentang masa depan Los Che.

Tidak ada jalan lain. Fans pun sudah tidak kerasan dengan hasil buruk yang kerap dituai pasukan Kelelawar. Pagi ini, siulan mencemooh sang pelatih dan manajemen klub bergaung di Mestalla.

Catatan Mauricio Pellegrino sendiri, memang kurang mengesankan. Sejauh ini ia cuma bisa mengantongi 5 kemenangan, 3 hasil seri, dan 6 kekalahan dari 14 partai bersama Valencia di Liga Spanyol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda