Scroll to Top

Jumlah Karakter Twitter Kian Berkurang, Tak Lagi 140 Karakter

By Ibnu Azis / Published on Friday, 07 Dec 2012

Twitter Logo

Jumlah karakter Twitter kian berkurang. Mulai bulan Februari 2013 mendatang, mungkin jumlahnya tak lagi 140 karakter.

Namun jangan khawatir dulu. Jumlah ini bila dihitung dari total karakter plus karakter tautan atau link. Twitter Dev menulis ada dua perubahan khususnya untuk pemendek tautan Twitter t.co.

Pemendek tautan t.co adalah satu dari sekian banyak pemendek tautan yang ada di internet. Pemendek lain misalnya bit.ly, is.gd, atau dulu sempat populer tinyURL.

Untuk t.co sendiri adalah pemendek tautan yang memang khusus digunakan untuk memendekkan tautan apapun yang dibagikan di Twitter. Dan bahkan tautan yang sejatinya telah diperpendek, di-bit.ly misalnya, tetap dikonversi menjadi t.co.

Twitter menyatakan jika mereka sepenuhnya ingin melindungi pengguna dari tautan berbahaya yang mengancam. Dengan t.co maka ancaman tersebut bisa diminimalisir.

Nah pemendek tautan t.co umumnya berjumlah 20 karakter. Misalnya saja http://t.co/UP7klrnA. Kini jumlah karakter tersebut akan bertambah 2 hingga 3 karakter.

“Pembungkus link kami t.co akan memiliki ekosistem baru. Kami akan memerluas panjang maksimum. Untuk tautan non htpps URL akan miliki 20-22 karakter, dan tautan ber-htpps URL akan miliki 21-23 karakter,” tulis Jason Costa di Twitter Dev.

Dengan penambahan 2 hingga 3 karakter maka jumlah karakter t.co tak lagi 20. Sehingga jumlah karakter Twitter non tautan hanya sekitar 117 yang mulanya 120 karakter. Semakin berkurang bukan?

Jika sesuai dengan rencana, perubahan ini akan berlaku mulai bulan Februari 2013. Para pengembang dipersilakan memerbarui pengaturan mereka sebelum tanggal 6 Februari 2013. Sebab fitur ini akan diterapkan mulai 20 Februari 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda