Scroll to Top

Manfaat Telur Puyuh Tak Kalah Dengan Telur Ayam, Lho

By C Novita / Published on Tuesday, 11 Dec 2012

manfaat telur puyuh

Jika di wilayah Eropa dan Amerika telur puyuh cukup sulit ditemukan, maka di Indonesia telur puyuh banyak dijual oleh pedagang di berbagai tempat. Harganya pun murah, terjangkau oleh kantong masyarakat dari berbagai kalangan.

Telur yang imut tersebut pada faktanya menyimpan manfaat yang tak kalah besar dari jenis  telur ayam atau bebek. Bahkan menurut beberapa penelitian, telur puyuh punya beberapa keunggulan yang tak dimiliki oleh telur ayam.

Bayangkan saja, pada 1 butir telur puyuh dengan berat antara 10-12 gram, protein yang terkandung adalah 13%. Padahal telur ayam cuma 11%.

Vitamin B1 yang dikandung telur puyuh pun lebih besar yaitu 140 mu-g. Sedang telur ayam 50 mu-g. Vitamin A nya juga lebih banyak.

Zat besi serta kandungan potassium yang ada dalam telur penuh bercak itu konon 5 kali lipat jumlahnya dibanding telur ayam sehingga sangat baik untuk jadi sumber protein bagi mereka yang sedang diet.

Jika biasanya telur ayam dijauhi karena kandungan kolesterolnya, maka telur puyuh justru tak memiliki kolesterol jahat (LDL). Selain itu untuk Anda yang punya alergi terhadap telur, coba konsumsi telur puyuh sebagai pengganti telur ayam. Telur puyuh punya protein ovomucoid yang berguna untuk obat alergi.

Telur puyuh juga jauh dari bakteri salmonella, hingga aman dimakan mentah. Kolin yang terdapat pada telur puyuh pun baik bagi ibu hamil, untuk mencegah janin cacat dan memberi nutrisi pada otak bayi.

Untuk Anda yang ingin awet muda, maka kandungan lutein pada telur puyuh bisa jadi anti aging yang ampuh. Jadi jangan ragu untuk konsumsi telur puyuh sebagai sumber protein, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda