Scroll to Top

Apple Update Mac OSX untuk Lindungi Pengguna dari Trojan SMSSend

By Ditya / Published on Friday, 14 Dec 2012

Malware SMSsend

Apple dikabarkan telah melakukan update terhadap perangkat lunak anti-malware Xprotect untuk melindungi pengguna dari ancaman malware berupa trojan SMSSend. Trojan SMSSend kini telah ditambahkan ke blacklist perangkat lunak Xprotect.

Trojan SMSSend adalah malware yang baru saja muncul dan menyerang sistem operasi Mac OSX besutan Apple. Serangan trojan SMSSend ini memang tidak menonjol dan hanya terlihat seperti program biasa.

Trojan tersebut datang dengan menggunakan nama installer SMSSend dan sekilas mirip seperti aplikasi Mac OSX lainnya. Namun, setelah trojan SMSSend ini mendapatkan data pribadi pengguna, terutama nomor telepon, trojan SMSSend akan segera menjalankan aksinya.

Malware berupa trojan SMSSend ini akan mendaftarkan pengguna ke layanan berlangganan yang biayanya akan menjadi tagihan nomor telepon pengguna. Tentu saja aksi trojan SMSSend ini sangat merugikan pengguna yang komputer Mac-nya telah terinfeksi malware SMSSend.

Aksi trojan SMSSend ini bukanlah hal yang baru karena trojan dengan aksi yang sama tapi menggunakan nama yang berbeda telah ditemukan di sistem operasi lain. Kini makin banyak trojan dan malware yang memilih Mac OSX sebagai target serangannya.

Meski aksi trojan SMSSend ini tak separah trojan Flashback yang mampu menginfeksi hingga lebih dari setengah juta komputer Mac, Apple memberikan respon cepat dengan memberikan update untuk mengatisipasi serangan trojan SMSSend.

Seperti yang dilansir dari The Verge (13/12/2012), Apple kini lebih memperhatikan masalah keamanan sistem operasi besutannya setelah dulu sempat kebobolan dengan serangan trojan Flashback. Apple bahkan menyewa hacker Windows untuk memperbaiki sistem keamanan Mac OSX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda