Share

Lionel Messi vs Radamel Falcao: Duel Calon Top Skor Liga Spanyol

Pertandingan Barcelona vs Atletico Madrid tidak hanya akan menjanjikan partai seru dari dua tim penuh semangat juang tinggi. Bukan hanya sebatas duel antara pemimpin klasemen sementara Liga Spanyol dengan sang penguntit. Tetapi juga duel dua penyerang nomor wahid dunia. Ya, laga esok hari akan menjadi ajang unjuk kebolehan dari Lionel Messi dan Radamel Falcao, yang di awal kompetisi sama-sama memuncaki top skor La Liga.

Lionel Messi vs Radamel Falcao. Singa vs Harimau. Duel dua bomber yang telah mengantarkan segalanya untuk Barcelona dan Atletico Madrid sepanjang awal musim ini. Dengan 23 gol King Leo, Barca nyaris tak tersentuh di Liga Spanyol. Sementara, dengan 16 gol Radamel Falcao, Atletico memulai musim dengan cara yang sudah mereka lupakan dalam belasan tahun terakhir.

Bicara produktivitas, Leo Messi memang lebih unggul daripada Falcao. Rata-rata, ia menjebol gawang lawan di La Liga dalam rentang 58 menit sekali. Sementara itu, penyerang maut Kolombia membutuhkan 76 menit untuk membukukan sekali gol.

Bicara persentase gol untuk tim, Messi pun lebih unggul. 46% dari jumlah gol yang dibuat Barca di Liga Spanyol, berasal dari Si Nomor 10. Sementara itu, Falcao cuma menyumbangkan 45,7% gol Atletico Madrid. Di sisi lain, kita bisa berkata, Atleti lebih ‘tak bergantung pada Falcao seorang, daripada kebutuhan Barcelona atas Lionel Messi.

Bicara kestabilan, Messi juga masih di atas Falcao. Kecuali ketika melawan Benfica (0-0), Messi tercatat Leo Messi selalu mencetak 2 gol per laga sejak Barca menghantam Mallorca 2-4 pada 11 November lalu.

Falcao, meskipun mencetak 5 gol ke gawang Deportivo La Coruna (6-0) di laga terakhir La Liga, sempat mengalami masa-masa sulit mencetak gol.

Dari catatan Lionel Messi melawan Atleti, kita juga akan melihat betapa buasnya Leo ketika menghadapi lawan yang satu ini. Ingatlah bahwa musim lalu ia menjaringkan 3 gol ke gawang Rojiblancos. 2 untuk kemenangan 5-0 di Camp Nou, dan sebuah gol dari tendangan bebas untuk kemenangan 1-2 di Vicente Calderon. Dalam rentang waktu yang sama, Falcao cuma menjaringkan satu gol saja.

Namun, itu semua hanya hitung-hitungan di atas kertas. Falcao, dengan gol-golnya, mampu membuat Atleti berjaya di La Liga dan Europa League. Kini, kasta yang lebih tinggi tengah menantinya. Mempersembahkan gol untuk kemenangan Atleti tidak hanya menolong Rojiblancos memangkas jarak dari Barca. Tetapi juga, membuatnya semakin diperhitungkan dalam head-to-head vs Lionel Messi.