Scroll to Top

Valencia vs Rayo Vallecano 0-1: Hasil Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 17 Dec 2012

Valencia vs Rayo Vallecano 0-1

Valencia akhirnya menelan kekalahan pertama bersama pelatih Ernesto Valverde. Tampil di kandang sendiri, Mestalla, mereka justru takluk lewat hasil pertandingan Valencia vs Rayo Vallecano skor 0-1. Nyaris bermain imbang hingga ujung laga, tim tamu berbicara lewat penalti Alejandro Dominguez di menit 83. Hasil Liga Spanyol ini membawa Rayo meraih kemenangan perdana di bulan Desember, sekaligus membawa mereka menyalip posisi Valencia di klasemen sementara.

Bulan madu kubu Mestalla bersama Ernesto Valverde berakhir bahkan dalam waktu kurang dari setengah bulan. Dalam pertandingan Valencia vs Rayo Vallecano, diiringi nyanyian fans agar Manuel Llorente, sang presiden, angkat kaki dari klub, El Che tak cukup banyak memberikan ancaman bagi Rayo yang mesti melakukan pergantian kiper menyusul cederanya David Cobeno di menit 67.

Valencia mencoba bermain ofensif sejak awal pertandingan. Valverde menaruh seorang Andres Guardado di pos bek kiri, untuk membantu tusukan Pablo Piatti di sisi yang sama. Sementara itu, Ever Banega dan Tino Costa diletakkan di posisi gelandang bertahan. Menyokong Soufiane Feghouli dan Jonas. Dengan keunggulan ball possessions, tidak banyak yang bisa dilakukan El Che sepanjang babak pertama.

Malah, wasit Alfonso Alvarez yang mencuri perhatian sebelum turun minum. Lewat, hujan kartu yang diberikannya. Tiga kartu kuning disodorkan untuk para pemain Rayo, yang cukup gemilang membendung serangan tuan rumah. Kredit tersendiri layak diberikan pada duo motor lini tengah Tim Petir, Adrian Gonzalez-Roberto Trashorras yang mengatur tempo tim mereka.

Setelah babak pertama yang sepi, menit 67 David Cobeno terpaksa diganti. Sang kiper mengalami cedera, dan Ruben Ivan Martinez diberi kesempatan untuk unjuk gigi. Valencia terus berupaya mencari gol, dan Valverde dengan berani mengubah skema di 15 menit terakhir. Ally Cisshoko masuk menggantikan Adil Rami. Lalu, Guardado didorong ke posisi aslinya. Bermain dengan tiga bek, secara teknis, Valencai lebih agresif, tapi gol yang mereka cari justru ditemukan oleh Rayo.

Menit 83, Tino Costa seperti lupa bahwa Roberto Trashorras sudah memasuki kotak penalti. Ia melakukan pelanggaran layaknya di daerah lain di lapangan. Hadiah penalti pun diberikan. Chori Dominguez tidak peduli dengan sosok Diego Alves yang spesialis penalti atau ocehan penonton tuan rumah, penaltinya sukses dan mengantarkan kemenangan penting bagi Rayo Vallecano. Sebaliknya, ini kekalahan kedua Valencia sepanjang bulan Desember, dua-duanya di Mestalla. Pertama untuk sang pelatih anyar.

‘Llorente vete ya’, mungkinkah yel-yel ini akan kembali terdengar enam hari lagi?

Valencia: Diego Alves, Barragán, Rami (Cissokho ’75), Ricardo Costa, Guardado, Banega, Tino Costa, Feghouli, Jonas (Bernat ’63), Piatti (Parejo ’45), Soldado.

Rayo Vallecano: Cobeño (Rubén ’67), Tito (Nacho ’79), Gálvez, Amat, Casado, Adrián, Trashorras, Vázquez (Lass ’64), Chori Domínguez, Piti, Leo Baptistao

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda