Scroll to Top

Samsung Galaxy S3 dan Galaxy Note Terdapat Celah Kemanan yang Mungkinkan Pencurian Data

By Ditya / Published on Monday, 17 Dec 2012

Galaxy S3 Jelly Bean

Sebuah celah keamanan pada jajaran produk Samsung Galaxy kembali ditemukan. Celah keamanan tersebut berpotensi memungkinkan pencurian data pengguna dan celah ini kabarnya terdapat pada produk Samsung Galaxy S3, Galaxy Note 2, dan Galaxy Note 10.1.

Celah keamanan pada Galaxy S3 dan Galaxy Note tersebut memungkinkan penyerang atau hacker menggunakan eksploit untuk mengakses data pengguna dari jarak jauh. Tak hanya itu, penyerang dapat mencuri atau menghapus data pengguna.

Celah keamanan baru pada jajaran produk Samsung Galaxy ini ditemukan oleh seorang anggota forum XDA Developer yang menggunakan username alephzain. Sebelumnya juga pernah ditemukan celah keamanan pada jajaran Samsung Galaxy, tapi celah tersebut hanya mampu dimanfaatkan untuk menghapus data dan tak dapat digunakan untuk mencuri data.

Alephzain mengklaim bahwa celah keamanan tersebut tak hanya dapat ditemukan pada perangkat Galaxy S3 saja, tapi juga beberapa jajaran produk Galaxy kelas atas seperti galaxy S2, Galaxy Note 2, dan Galaxy Note 10.1.

Tak hanya itu, Alephzain juga menambahkan bahwa celah keamanan ini juga ditemukan pada smartphone merk lain seperti Meizu MX. Member forum XDA Developer ini juga mengatakan bahwa semua perangkat Samsung yang menggunakan chipset Exynos mungkin terdapat celah keamanan ini. Berikut daftar perangkat yang terdapat celah keamanan :

  • Samsung Galaxy S2 GT-I9100
  • Samsung Galaxy S3 GT-I9300
  • Samsung Galaxy S3 LTE GT-I9305
  • Samsung Galaxy Note GT-N7000
  • Samsung Galaxy Note GT-N7100 2
  • Verizon Galaxy Note 2 SCH-I605 (locked bootloader)
  • Samsung Galaxy Note GT-N8000 10,1
  • Samsung Galaxy Note GT-N8010 10,1

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (17/12/2012), sampai saat ini belum ada tanggapan resmi dari pihak Samsung mengenai celah keamanan yang baru ditemukan pada perangkat besutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda