Scroll to Top

Cegah Gemuk, Usai Makan Jangan Terlalu Banyak Minum

By C Novita / Published on Saturday, 22 Dec 2012

minum usai makan

Jika Anda terbiasa minum air dengan jumlah banyak dan cepat usai makan atau disela-sela mengunyah makanan, maka hentikanlah kebiasaan tersebut mulai saat ini. Air berlebih yang Anda minum usai makan ternyata dapat membuat proses pencernaan makanan yang sedang berlangsung menjadi terganggu.

Hal tersebut memicu kadar insulin yang diproduksi menjadi berfluktuasi alias naik dan turun secara signifikan.

Yang ideal adalah selama proses makan Anda tidak minum air dalam jumlah berlebih. Seteguk atau dua teguk tidak akan menjadi masalah. Demikian pula usai makan. Jika sampai lebih dari 1 atau 2 gelas air, maka hal tersebut dapat berpengaruh buruk pada proses pencernaan.

Kadar insulin berlebih yang dilepaskan oleh tubuh ke aliran darah bisa memicu kegemukan karena tubuh akan menyimpan kelebihan karbohidrat yang sedang dicerna menjadi lemak.

Dikutip dari Timesofindia, berikut ini ada beberapa trik agar Anda tak lagi minum terlalu banyak air usai mengkonsumsi makanan berat.

  • 1. Hindari makanan dengan cita rasa pedas berlebihan. Rasa pedas ini biasanya yang memicu orang untuk banyak minum saat dan usai makan.
  • 2. Kunyah makanan perlahan-lahan, agar air liur Anda dapat diproduksi untuk membantu proses pengunyahan. Selain itu juga akan mencegah tersedak.
  • 3. Konsumsi makanan berkuah, semisal sayur berkuah. Memakan buah usai makan besar pun baik untuk pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda