Scroll to Top

HyTAQ, Robot yang Bisa Terbang ke Udara dan Menggelinding di Tanah

By Ditya / Published on Saturday, 29 Dec 2012

Beberapa waktu lalu dibuat takjub dengan mainan mobil remote control yang dapat bertransformasi menjadi robot layaknya Transformer. Kini muncul mainan yang tak kalah canggih, yakni robot HyTAQ yang dapat terbang ke udara dan menggelinding di tanah.

Robot HyTAQ adalah robot remote control yang memiliki kemampuan terbang ke udara dan berguling-guling di tanah. Nama HyTAQ sendir merupakan singkatan dari Hybrid Terrestrial and Aerial Quadrotor yang dirancang oleh Arash Kalantari dan Matthew Spenko.

Arash Kalantari dan Matthew Spenko adalah dua desainer yang berasal dari Institut Teknologi Illonis. Keduanya terinsipirasi helikopter remote control untuk merancang robot HyTAQ. Hal ini terlihat dari robot HyTAQ yang menggabungkan 4 rotor helikopter di dalamnya.

Robot HyTAQ yang berbentuk silinder ini memang tak terlihat memiliki kemampuan terbang, namun kehadiran 4 rotor dan mesin kecil yang berada dalam tubuh robot HyTAQ ini membuatnya dapat terbang dan dikontrol melalui remote control.

Robot yang berbentuk mirip kandang burung ini ini dapat berguling-guling atau menggelinding  di tanah menggunakan tubuhnya yang mirip kandang burung tersebut. Tak hanya itu, bagian yang mirip kandang burung tersebut juga memiliki fungsi untuk melindungi rotor.

Sekilas memang robot HyTAQ ini mirip kandang burung terbang yang terbuat dari bahan kombinasi polikarbonat dan serat karbon yang memiliki fungsi utama untuk mobilitas darat dan memiliki fungsi sampingan untuk melindungi rotor.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (28/12/2012), kemampuan robot HyTAQ untuk transisi dari operasi darat ke udara cukup mengesankan dan cukup cepat. Peran 4 rotor yang dimilikinya cukup besar dalam hal ini. Penasaran? Simak video berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda