Scroll to Top

Media Sosial Justru Buat Pengguna Merasa Kesepian?

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 05 Jan 2013

Laptop Facebook

Facebook, Twitter, atau media sosial apapun memang membuat kita bisa dengan mudah terhubung dengan sesama. Namun menurut peneliti, kemudahan terhubung ini sejatinya berdampak buruk: kita justru akan merasa kesepian.

Untuk membuktikannya Fenne große Deters peneliti dari Universitas Berlin dan Matthias R. Mehl peneliti dari Universitas Arizona baru-baru ini melakukan sejumlah studi. Mereka ingin mengetahui kadar kesepian yang muncul setelah meneliti sejumlah pengguna dari aktivitasnya di media sosial.

Media sosial yang dipilih untuk penelitian tersebut adalah Facebook. Tim peneliti dari dua universitas tersebut kemudian memantau 86 siswa sebagai responden. Mereka rata-rata memiliki 495,3 teman di FB.

Rata-rata mereka menulis 2,2 update status per minggu. Namun selama masa ‘percobaan’, terjadi peningkatan mencapai 8,71 postingan. Kemudian tim peneliti menggunakan ‘satu-ke-empat’ skala kesepian yang dikembangkan oleh Universitas California.

Skala Kesepian

Skala dengan rating 1 yakni ‘aku tak pernah merasa seperti ini’. Kemudian skala di rating 4 adalah ‘saya sering merasa seperti ini’. Para peneliti menemukan data jika siswa lebih sering melaporkan tingkat kesepian yang lebih rendah.

Anehnya peneliti menemukan pula jika respon terhadap status (komentar dan jempol) tidak memiliki peran berarti untuk membuat siswa merasa kesepian atau tidak. Dari 545 status yang ada, hanya 79% yang menerima beberapa jenis respon.

Di Facebook, komentar adalah interaksi sosial di masyarakat. Ini bukan berarti membuat mereka terhubung dengan sesama secara nyata. Satu hal yang membuat merasa tidak kesepian di Facebook adalah pengungkapan diri.

Apa yang sedang difikirkan, acara apa yang sedang ditonton, sedang membaca buku apa, dan lainnya. Kehidupan pribadi banyak diumbar. Ini dilakukan untuk membuat hubungan semakin dalam dan seolah-olah terjadi interaksi nyata. Padahal nihil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda