Scroll to Top

Makanan Ini Bermanfaat Memerangi Osteoporosis

By C Novita / Published on Friday, 11 Jan 2013

makanan untuk memerangi osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit dimana tulang menjadi sangat lemah dan rapuh, hingga resiko patah menjadi besar walau dengan kecelakaan kecil semacam terantuk benda keras sekalipun.

Kebanyakan orang berfikir bahwa osteoporosis hanya diidap oleh wanita berusia lanjut saja, padahal awal mula penyakit tersebut biasanya dimulai dari kebiasaan buruk masa muda.

Karenanya pencegahan penyakit tersebut harus dimulai sedini mungkin dengan mengkonsumsi makanan yang berpotensi menguatkan tulang. Seperti dikutip dari Timesofindia, berikut ini makanan yang bermanfaat memerangi osteoporosis:

  • Produk susu. Susu dan produk makanan dengan bahan dasar susu merupakan makanan kaya kalsium dan protein yang membuat tulang sehat dan kuat.
  • Kacang-kacangan. Segenggam kacang-kacangan sehari sudah cukup memelihara kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.
  • Sayuran. Berbagai macam sayuran ada yang kaya kalsium dan mineral yang bermanfaat bagi tulang. Misalnya brokoli, kubis Cina, kembang kol, bit.
  • Kurma. Makanan manis ini kaya kalsium dan mangan juga magnesium. Fungsinya meningkatkan kepadatan tulang.
  • Berjemur matahari pagi. Sinar matahari pagi kaya vitamin D yang berfungsi membantu pembentukan tulang dan penyerapan kalsium oleh tulang.
  • Ikan-ikanan. Lemak omega 3 yang dikandung berbagai jenis ikan, baik untuk tulang. Apalagi jika dikonsumsi bersama dengan tulangnya.
  • Telur. Dari telur, Anda bisa dapatkan vitamin D yang alami, selain dengan berjemur di matahari pagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda