Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Rayo Vallecano 1-2: Hasil Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 12 Jan 2013

Athletic Bilbao vs Rayo Vallecano 1-2 Hasil Liga Spanyol

Athletic Bilbao kalah lagi. Dengan hasil pertandingan Bilbao vs Rayo Vallecano skor 1-2, tercatat pasukan Marcelo Bielsa ambruk tiga kali beruntun. Bermain di kandang sendiri, San Mames, Athletic tertinggal 0-2 terlebih dahulu lewat Lass Bangoura dan Piti sebelum Mikel San Jose ikut menambahkan namanya dalam papan skor Athletic Bilbao vs Rayo Vallecano. Hasil Liga Spanyol pekan ke-19 ini menguntungkan Rayo, yang beranjak ke peringkat keenam, batas terakhir zona Europa League. Bahkan, tiket ke Liga Champion pun bisa dikejar.

Grinch telah mencuri semua kado natal yang ada di San Mames, bahkan sekaligus menghadiahkan tahun baru yang gelap untuk Athletic Bilbao. Keputusan kontroversial wasit Perez Montero yang memberikan penalti kepada Rayo meskipun pelanggaran terjadi di luar kotak 16 meter, memperburuk penampilan pasukan Basque, yang musim ini telah kehilangan keajaiban mereka musim lalu.

Seperti biasa, Singa-Singa Bilbao, selalu unggul dalam ball possesssions. Dan kali ini, gigitan mereka lebih tajam dari yang sudah-sudah. Apalagi setelah Lass Bangoura membuat mereka tertinggal lebih dahulu pada menit 48. Menerima umpan panjang dari tengah lapangan, Lass yang tanpa pengawalan di sisi kiri pertahanan Bilbao, merangsek masuk ke kotak penalti dan menaklukkan Gorka Iraizoz.

Perubahan signifikan dilakukan Marcelo Bielsa. Ia masih memiliki separuh waktu. Maka, dimainkannya dua penyerang sekaligus, bertolak belakang dengan konsepnya selama ini. Aritz Aduriz diduetkan dengan Fernando Llorente yang masuk menggantikan Iker Muniain di menit 57.

Tapi, gol tak kunjung datang. Bahkan tim tamu menggandakan kedudukan lewat penalti kontroversial setelah Carlos Gurpegui mengganjal Alejandro Dominguez. Gurpegui memang melanggar pemain Argentina itu. Masalahnya, tackle keras Gurpegui terjadi di beberapa inci sebelum kotak penalti.

Ketika hukuman yang tak sepantasnya diberikan, Athletic patut menyesali kegagalan para penyerang mereka mencetak gol dari sekian peluang. Piti sukses menaklukkan Iraizoz, dan Rayo siap pulang membawa kemenangan.

Bilbao tak menyerah. Satu gol masih bisa tercipta. Oleh Mikel San Jose yang belakangan semakin subur sejak ditempatkan sebagai gelandang bertahan. Menerima umpan Markel Susaeta, San Jose melepaskan tembakan voli yang melesak ke sudut gawang Rayo.

Tapi gol itu terlambat, tercipta di menit 77 dan segala upaya berlanjut sia-sia. Skor 1-2 bertahan untuk pasukan pinggiran Madrid, dan kini mereka meraih tiga kemenangan beruntun. Yang, membuat Liga Champion sekalipun terasa mungkin digapai.

Athletic Bilbao: Iraizoz; Iraola, Ekiza, Amorebieta (Gurpegui ’50), De Marcos; San José, Herrera, Muniain; Susaeta, Aduriz (Toquero ’93) Muniain (Llorente ’57).

Rayo Vallecano: Rubén; Tito, Gálvez, Amat, Casado; Javi Fuego, Trashorras; Lass, Domínguez, Piti (Adrián ’90); Leo Baptistao (Delibasic ’71).

Gol: 0-1 Lass Bangoura ’48; 0-2 Piti (penalti) ’65; 1-2 Mikel San Jose ’77

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda