Scroll to Top

1 dari 3 Pengguna Internet Menderita Gangguan Medis

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 16 Jan 2013

Internet Remaja Laptop

Menurut studi terbaru, 1 dari 3 pengguna internet menderita gangguan medis. Netizen menggali informasi di internet untuk mencari tahu masalah kesehatan yang sedang mereka alami.

Pew Internet mensurvei 3.000 orang dewasa untuk mengungkap data ini. Dari studi tersebut, 35% diantaranya mengatakan jika memilih go online untuk mendiagnosis masalah medis secara individu.

Sebagian dari mereka meneliti gangguan kesehatan yang dialami. Namun ada pula netizen mencari solusi masalah medis yang diderita orang terdekat mereka. Pew Internet menjuluki golongan ini sebagai online diagnosers.

Sebanyak 46% dari responden mengaku menemukan informasi yang sangat berguna di internet. Bahkan mereka berfikir tak perlu membutuhkan bantuan dokter sekalipun. 38% dari mereka merasa bisa ‘menyembuhkan’ diri sendiri. Dan 11% diantarantanya setuju dua hal di atas.

Pertanyaannya sekarang, apakah netizen menemukan informasi yang tepat? 41% dokter berujar jika netizen hanya menemukan 2% informasi yang akurat. Sementara itu 18% dokter mengatakan tak setuju dengan diagnosis online. Namun 35% responden berpendapat tak perlu repot-repot ke dokter untuk menerima pendapat professional!

Temuan lebih lanjut, 72% pengguna internet yang disurvei mencari informasi kesehatan secara online pada tahun lalu. Diantara mereka yang disurvei, 77% menggunakan mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo!. 13% diantaranya langsung mengakses di situs medis khusus (WebMD). Ada juga yang lewat Facebook. Namun angkanya hanya 1%.

Umumnya netizen ketika menghadapi gangguan medis masih menerapkan langkah-langkah serius. Menurut Pew Internet, mereka lebih memlih pergi ke dokter (70%), meminta saran kerabat, keluarga, dan teman (60%), dan meminta pendapat pada orang lain yang miliki masalah kesehatan serupa (24%).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda