Scroll to Top

Risiko Mengonsumsi Makanan Pedas

By Ilham Choirul / Published on Friday, 18 Jan 2013

makan pedas

Banyak orang yang terbius dengan makanan serba pedas. Mereka merasa tidak lengkap jika menu makan mereka tidak ditambahkan cabe, merica, sambal, dan pelengkap lainnya yang bercitarasa pedas.Dalam takaran normal, sensasi pedas bisa menggugah nafsu makan. Namun kalau berlebih takarannya, bersiaplah menanggung akibatnya pada saluran pencernaan Anda.

Dikutip dari Times of India, ada beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi makanan pedas:

  1. Asam reflux. Saat terdapat banyak asam ini masuk ke dalam lambung, maka bisa merusak dinding lambung.
  2. Gastritis akut. Penyebabnya adalah peradangan di mukosa lambung, yaitu selaput yang melapisi perut. Kebanyakan orang mengalami gastritis ringan yang kerap disebut gangguan pencernaan. Pada gastritis  tingkat akut umumnya ditandai dengan muntah, mual, demam, diare, sakit kepala, dan adanya darah pada muntahan atau tinja yang dikeluarkan.
  3. Tukak lambung. Makanan pedas bisa menimbulkan borok pada saluran pencernaan. Misalnya borok di lapisan mukosa yang sensitif, usus 12 jari, atau di kerongkongan. Rasa yang ditimbulkan seperti terbakar pada bagian yang menjadi borok. Tukak lambung menyebabkan perut terasa sakit, mual, muntah, dan penurunan berat badan.
  4. Insomnia. Suhu tubuh akan meningkat saat mengonsumsi makanan pedas. Ini bisa memicu insomnia. Oleh karena itu, hindari makan pedas saat makan malam.
  5. Kehilangan nafsu makan. Dalam takaran yang normal, makanan pedas aman untuk dikonsumsi. Namun dalam takaran berlebih justru bisa menghambat nafsu makan.

Bila Anda salah satu penggemar masakan pedas, sebaiknya pahami risiko tersebut untuk diwaspadai. Selain itu, perhatikan pula saran berikut ini sebelum Anda mengonsumsi makanan pedas:

  1. Makanan pedas sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan menu makan utama.
  2. Hindari mengombinasikan makanan berminyak dengan makanan gorengan pedas untuk menghindari sekresi asam.
  3. Untuk menetralisasi asam yang muncul karena makanan pedas, minumlah susu.
  4. Jika Anda mengalami masalah pencernaan setelah makan makanan pedas, makan obat antacid satu jam setelah makan dan sebelum tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda