Scroll to Top

Real Sociedad vs Barcelona 3-2: Kekalahan Pertama

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 20 Jan 2013

Real Sociedad vs Barcelona 2-2

Barcelona akhirnya kalah juga. Setelah menggapai 18 kemenangan dari 19 pertandingan Liga Spanyol musim ini, akhirnya mereka tumbang di Anoeta lewat hasil pertandingan Real Sociedad vs Barcelona skor 3-2. Laga yang digelar pada Minggu, 20 Januari 2013 berjalan dramatis karena Barca unggul 0-2 terlebih dahulu lewat Lionel Messi dan Pedro Rodriguez. Kartu merah Gerard Pique mengubah jalannya laga. Dan puncaknya menit 90, Imanol Agirretxe mencetak gol kemenangan Sociedad. Hasil Liga Spanyol ini membuat Barca bisa ditekan oleh Atletico Madrid dan tentunya, juara bertahan Real Madrid.

Barcelona hadir di Anoeta dengan tetap memasang Victor Valdes sebagai kiper utama meskipun sang kiper mengaku tak akan memperpanjang kontrak yang berakhir pada 2014. Sempat menyaksikan tuan rumah membuka peluang, pasukan Tito Vilanova unggul cepat sebelum laga berlangsung lima menit. Siapa lagi pelakunya kalau bukan Lionel Messi.

Claudio Bravo, kiper Real Sociedad, keliru dalam melakukan tendangan. Umpan jauhnya jatuh ke kaki Andres Iniesta. Don Andres memberikan umpan yang diteruskan oleh Cesc Fabregas kepada King Leo. Tiga sentuhan mencari ruang kosong, Si Nomor 10 Barcelona kemudian melepaskan tembakan yang menghukum keteledoran Bravo di menit 4.

Real Sociedad memang berupaya meladeni Barca. Namun, mereka cukup beruntung ketika tembakan Pedro Rodriguez di menit 14 cuma membentur gawang. Pedro cukup bersenang hati karena selang 11 menit, akhirnya ia mampu menggandakan keunggulan timnya.

Kecermatan Xavi Hernandez membuatnya mampu mengirim umpan terukur pada Dani Alves yang masuk kotak penalti. Bek Brazil mengirim umpan silang pada Pedro yang tinggal menyodorkan bola ke gawang Sociedad yang kosong. 0-2 di menit 25.

Real Sociedad vs Barcelona 2-2 (2)

Barca terus menyerang dan lagi-lagi tiang gawang menyelamatkan Real Sociedad dari kebocoran. Lionel Messi kali ini yang tertimpa kesialan. Ia melepaskan tembakan mendahului Bravo yang keluar sarang. Tapi kali ini, bola yang membentur tiang, bergulir ke dekat garis, dan Mikel Gonzalez menyapunya.

Dan tiba-tiba saja, Sociedad mampu memperkecil kekalahan. Carlos Vela mengontrol bola dengan dada, lanas mengirimkan umpan ke sisi kiri. Gonzalo ‘Chori Castro ada di sana untuk menaklukkan Victor Valdes dengan meletakkan bola di sudut jauh di menit 41.

Awal babak kedua, malapetaka menimpa Barcelona. Bukannya mendapatkan gol ketiga, tim tamu justru kehilangan satu pemain. Gerard Pique menerima kartu kuning keduanya di menit 56. Keputusan penting, Tito Vilanova memasukkan Javier Mascherano untuk mengganti Cesc Fabregas.

Dan akhirnya, gol penyama kedudukan itu lahir. Gonzalo Castro melepaskan tembakan yang tak bisa dibendung sempurna oleh Valdes. 2-2 di menit 63 dan Barca seperti diberi alarm merah.

Ketegangan menyelimuti Barcelona. Javier Mascherano melakukan pelanggaran dua kaki, Jordi Alba sempat meledakkan emosi, dan Andres Iniesta lolos dari kartu kuning kedua. Kiamat bagi Barca hadir di menit 90.

Memanfaatkan umpan silang Carlos Martinez dari sisi kanan, Imanol Agirretxe menceploskan gol kemenangan Sociedad. Drama di Anoeta menunjukkan bahwa Barca masih klub di planet bumi. Dan kini, mereka tengah memasuki tahapan ujian sesungguhnya: bagaimana keluar dari krisis dua laga tak meraih kemenangan.

Sociedad vs barcelona 3-2

Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves, Pique, Puyol, Alba; Busquets, Fabregas (Mascherano ’57), Xavi; Pedro (Adriano ’89), Messi, Iniesta

Real Sociedad (4-2-3-1): Bravo; C. Martinez, Mikel, I. Martinez, De la Bella; Markel, Illarramendi; Griezmann, Xabi Prieto (Rubén Pardo ’79), Vela (Imanol Agirretxe ’84); Chory Castro (Diego Ifrán ’74)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda