Scroll to Top

75% Password Untuk Akun Twitter dan E-mail Ternyata Identik

By Melissa / Published on Monday, 22 Aug 2011

Hasil ini ditemukan oleh BitDefender, perusahaan yang berfokus pada keamanan internet.

Seperti dikutip dari TwiTip, mereka melakukan studi selama 1 minggu dan berhasil menemukan lebih dari 250.000 username, surel dan kata sandi yang dipakai untuk Twitter.

Dari hasil ini juga didapatkan bahwa 75% username dan kata sandi yang digunakan para pengguna untuk masuk ke akun Twitter ternyata identik dengan data yang digunakan mereka untuk masuk ke akun surel.

Data-data tersebut dikumpulkan dari blog, torrent, layanan kolaborasi online dan sumber lainnya. Ditemukan bahwa 43% data ‘bocor’ dari layanan kolaborasi online dan 21% terdeteksi dari post di blog. Untuk torrent ditemukan 10% dan dari jejaring sosial lainnya didapatkan 18% data yang ‘bocor’.

Berdasarkan temuan ini, BitDefender mengingatkan para pengguna media sosial untuk berhati-hati dalam menentukan kata sandi untuk Twitter dan surel agar tidak sama persis. Dari hasil ini juga diketahui bahwa 87% dari surel, username dan kata sandi yang identik ini masih aktif digunakan.

Para kriminal dunia maya dapat memanfaatkan celah ini untuk membajak akun surel dan profil Twitter tersebut dengan tujuan penyebaran malware dan spam.

BitDefender juga menyarankan agar para pengguna internet memperhatikan dengan cermat ketika mereka ingin membagi alamat surel dan juga saat mendaftarkan username maupun kata sandi mereka kepada situs pihak ketiga.

Cara-cara apa saja yang sudah Anda tempuh untuk melindungi akun media sosial Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda