Jose Mourinho Real Madrid Kalah Karena Barcelona

Jose Mourinho menyebutkan bahwa kekalahan Real Madrid atas tuan rumah Granada 1-0 melalui gol bunuh diri Cristiano Ronaldo, layak dibebankan kepadanya seorang. Menurut The Special One, kekalahan ini tak lepas dari skuadnya yang sudah berjuang mati-matian di El Clasico melawan Barcelona. Dan sekali lagi, pelatih yang tengah diserang dari berbagai penjuru oleh media Spanyol, menyiratkan bahwa Barcelona memiliki kontrol atas jadwal Liga Spanyol, sedangkan Real Madrid tidak.

Beruntungnya para pemain Real Madrid, ketika mereka bermain di bawah standard, masih ada Jose Mourinho yang membela anak asuhnya dan menegaskan kekalahan 1-0 atas Granada, adalah tanggung jawabnya. “Seperti yang selalu dikatakan. Jika kami menang dan bermain bagus, ini adalah kerja tim sedangkan jika kami kalah, ini adalah kesalahan saya (sebagai pelatih).”

Mourinho sendiri tak lupa mengkritik timnya. “Penampilan kami di babak pertama, yang kacau, mengganggu saya. Pada babak kedua, kami mendominasi dan memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan, tapi kerja yang kami lakukan tidak cukup memuaskan saya.”

The Special One tak lupa memberikan pujian bagi Granada. Ini adalah kemenangan pertama pasukan Los Carmenes setelah empat dekade.

Mantan pelatih Chelsea berkata, “Mereka (Granada) memiliki motivasi tinggi dengan pelatih dan beberapa pemain baru, sekaligus melawan tim (sebesar) Real Madrid. Kami semestinya bisa mencetak gol (untuk hasil imbang), tapi kemenangan mereka adalah hal yang layak. Mereka bekerja keras, dan sepanjang babak kedua bertahan dengan sepenuh hati.”

Jose Mourinho mengindikasikan, dirinya maklum pada para pemain yang masih kelelahan menghadapi Barcelona. Tapi, ia juga tidak puas dengan beberapa pilar yang tidak berlaga penuh di El Clasico  yang juga terlihat tak bertenaga.

“Ada beberapa pemain yang bermain 90 menit dan bekerja keras kala melawan Barcelona. Ada pula yang tidak bermain penuh. Wajar jika (yang bermain 90 menit) kelelahan atas penampilan mereka di El Clasico. Tapi yang lain, saya tidak tahu mengapa mereka juga kelelahan.”

Terakhir, Jose Mourinho kembali mengkritik keuntungan yang didapatkan Barcelona. “Pada hari Rabu (Kamis waktu Indonesia) ada dua tim yang bekerja keras untuk menjalani laga (El Clasico). Yang satu bermain di hari Sabtu (Real Madrid) dan yang lain hari Minggu (Barcelona). Jelas, ada tim yang tidak bisa mengontrol jadwal pertandingan (dan ada yang bisa, yaitu Barcelona).”