Scroll to Top

Tips Efektif Mencari Kerja via Twitter

By Ibnu Azis / Published on Monday, 11 Feb 2013

Twitter Job

Beburu informasi lowongan pekerjaan bisa dilakukan di mana saja. Termasuk media sosial. Dan berikut tips efektif mencari kerja via Twitter.

  1. Ikuti akun Twitter industri atau perusahaan yang Anda minati. Selain itu ikuti pula akun komunitas sejenis yang mendukung.
  2. Jangan sekadar me-retweet kicauan akun yang Anda ikuti itu. Ciptakan konten yang mencerahkan dan berguna bagi orang lain.
  3. Gunakan Twitter sebagai batu loncatan profil daring Anda di internet: blog, LinkedIn, dan lainnya sebagai profil pamungkas.
  4. Tidak sedikit perusahaan yang memublikasikan lowongan via Twitter. Ini lebih efektif daripada menelusuri di situs perusahaan terkait.
  5. Ciptakan jaringan sebelum Anda butuhkan. Sesuaikan dengan kemampuan dan kompetensi Anda.
  6. Jangan terlalu profesional. Twitter adalah tempat sempurna untuk berbagi personality dan berbicara dengan sesama soal minat individu.
  7. Keterbukaan Twitter menguntungkan Anda. Platform ini sengaja dibuat terbuka bagi siapa saja untuk menampilkan bakat, kemampuan, dan kepribadian. Manfaatkan ini.
  8. Selain terbuka, Twitter mudah menghubungan antara individu dengan individu yang lain. Kemudahan ini pergunakan dengan baik untuk menjalin hubungan dengan orang yang tak mungkin Anda kenal di kehidupan nyata.
  9. Ini patut diperhatikan, lebih nyaman bagi perekrut membalas tweet daripada mengangkat telepon Anda.
  10. Tunjukkan apa yang Anda sukai. Kasih gambaran ke perekrut tentang kepribadian Anda dan kepentingan di luar karir Anda.
  11. Pastikan jaringan Anda positif dan solid. Ingat, jika perusahaan menerima Anda, maka perusahaan juga akan mewarisi jaringan Anda.
  12. Seringlah berinteraksi dan menanggapi orang-orang yang berada dalam jaringan Anda. Ini akan menambah nilai komunitas yang Anda ikuti.
  13. Kesan pertama sangat berpengaruh. Maka perhatikan pula profil Twitter Anda. Jangan kemas dengan tampilan sembarangan dengan bio ala kadarnya.
  14. Stop gunakan Twitters ebagai media promosi diri apalagi promosi produk. Lebih baik buat akun baru.
  15. Berani diskusi di jaringan Anda. Ciptakan interaksi yang menarik dari orang-orang yang menginspirasi Anda. Jangan takut memulai.
  16. Bagilah konten yang relevan dengan topik atau tema di jaringan Anda. Jika ini terus dilakukan, bisa dipastikan mereka akan betah mengikuti Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda