Scroll to Top

Irfan Bachdim Jadi Mata-mata Timnas Indonesia di Thailand?

By Aditya / Published on Tuesday, 12 Feb 2013

Timnas Indonesia Irfan Bachdim

Kepergian Irfan Bachdim ke Thailand untuk memperkuat Chonburi FC mungkin menjadi berkah bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, mantan pemain Persema Malang itu setidaknya akan menjadi mata-mata tidak resmi bagi timnas. Selama ini, Thailand memang menjadi salah satu pesaing terberat Indonesia di lingkup Asia Tenggara.

Irfan Bachdim sendiri mengakui bahwa kepindahannya ke klub Thailand akan membawa manfaat untuk Timnas Indonesia pada akhirnya nanti. Pengalaman bermain di negeri Gajah Putih akan dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya oleh pemain kelahiran Belanda berdarah Indonesia itu.

”Ketika aku bermain melawan Thailand di Piala AFF, atau entah di turnamen mana pun, aku tahu bagaimana cara mereka bermain, bagaimana visi mereka, dan kemudian aku ingin memberi saran kepada pemain dan pelatih di Indonesia,” ungkap Irfan Bachdim di Jakarta belum lama ini.

Mengapa memilih Thailand? Irfan Bachdim menilai bahwa sepakbola di Thailand sudah cukup maju ketimbang negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya. Lagipula, lanjut Irfan Bachdim, gaya bermain sepakbola di Thailand cukup berbeda dengan di negara Melayu serumpun seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, atau Brunei Darussalam.

“Aku bermain selama dua setengah tahun di Indonesia dan telah belajar banyak di sini. Aku tahu apa yang dibutuhkan Indonesia. Jadi, langkah selanjutnya aku memutuskan untuk menuju Thailand dan aku ingin merasakan cara bermain sepakbola yang berbeda. Dan, suatu saat nanti aku bisa membawa hal baru dengan timnas Indonesia,” ujar Irfan Bachdim.

Meskipun mengakui Thailand adalah salah satu raksasa sepakbola di ASEAN, namun Irfan Bachdim tetap menilai bahwa sepakbola di Indonesia-lah yang terbaik. Namun, demi mengembangkan kemampuannya yang mungkin nantinya berguna bagi Timnas Indonesia, Irfan Bachdim harus mencari pengalaman baru di negara lain.

“Menurutku, suporter sepakbola di sana masih kalah dari Indonesia. Suporter yang paling hebat yang pernah aku lihat adalah Indonesia. Itulah mengapa aku mencintai sepakbola Indonesia karena di Thailand hal tersebut memang kurang besar,” kata Irfan Bachdim.

“Tetapi, jika aku bisa mengembangkan kemampuanku untuk bermain di Thailand, aku yakin akan bisa lebih baik. Karena aku bermain sepakbola bukan untuk suporter saja, tetapi juga untuk mengembangkan diriku sendiri agar bisa membela nama Indonesia. Maka dari itu, aku memutuskan untuk pindah ke Thailand,” pungkasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda