Share

Timnas Indonesia, Firman Utina, M. Ridwan

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin kembali memanggil sejumlah pemain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) untuk memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Arab Saudi di laga kedua ajang Pra Piala Asia 2015 yang dijadwalkan akan digelar pada 22 Maret 2013 mendatang.

Koordinator Timnas Indonesia PSSI, Bob Hippy, menjelaskan bahwa pihaknya akan memanggil 32 pemain yang bakal memperkua Timnas Indonesia saat menjamu Arab Saudi nanti. Kesemua pemain itu termasuk beberapa pemain ISL, termasuk Bambang Pamungkas yang saat ini tidak memiliki klub.

“Kita sudah susun nama-nama pemainnya. Nanti secepatnya akan kita kirimkan kepada klub masing-masing pemain tersebut,” kata Koordinator Bob Hippy di Jakarta, Selasa (11/2/2013).

“Surat pemanggilannya sudah harus keluar dalam satu hari ini dan setelah itu segera akan kita lakukan pemanggilan,” lanjut Bob Hippy.

Para pemain yang dipanggil nantinya akan dikumpulkan pada 15 Maret 2013 dan selanjutnya akan bersama-sama menjalani pemusatan latihan. Adapun tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia belum ditentukan, namun dikabarkan antara Yogyakarta atau Surabaya.

Meskipun memanggil pemain dari ISL, namun asisten pelatih Timnas Indonesia, Nico Dimo, menegaskan bahwa apabila mereka yang dipanggil tidak juga hadir ke pelatnas, maka pihaknya akan memaksimalkan pemain yang ada, yakni skuat Garuda yang baru saja dikalahkan Irak dengan skor 1-0 beberapa waktu lalu.

“Tetapi, kami juga akan memaksimalkan materi pemain yang kemarin (melawan Irak). Kita harap para pemain yang baru dipanggil ini bisa bergabung,” ucap Nico Dimo.

Saat menghadapi Irak kemarin, skuat Timnas Indonesia dipenuhi oleh para pemain dari Indonesia Premier League (IPL) karena pemain ISL tidak ada yang datang lantaran dilarang oleh klubnya. Hanya ada satu pemain, yakni Stevie Bonsapia, yang akhirnya hadir di timnas meskipun harus menanggung risiko pemecatan dan denda yang dijatuhkan oleh klubnya, Persipura Jayapura.

Selain pemain dari IPL seperti Wahyu Wijiastanto, Vendry Mofu, Novan Setya Sasongko, Hendra Bayauw, Andik Vermansyah, Taufiq, Endra Prasetya, Wahyu Tri Nugroho, Nopendi, Slamet Nurcahyo, Rasyid Bakri, Hamdi Ramdhan, dan lain-lain, Timnas Indonesia juga terpaksa memakai beberapa pemain debutan yang diambil dari klub Divisi Utama PSSI dan tim PON di daerah.