Scroll to Top

Wah, Timnas Indonesia Ada Tiga!

By Aditya / Published on Friday, 15 Feb 2013

Timnas Indonesia Suporter

Indonesia memang negara yang unik. Saking uniknya, negara ini bahkan bakal mempunyai tiga tim sepakbola yang mengatasnamakan Timnas Indonesia. Pertama, Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar, yang kedua adalah Timnas Indonesia bentukan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti, danketiga adalah Timnas Indonesia yang kabarnya bakal dibentuk sendiri oleh Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin.

Jika nantinya Djohar Arifin Husin dan para pengikutnya benar-benar membentuk timnas, maka Indonesia akan kembali mencetak rekor dalam sejarah sepakbola dunia, yaitu negara di dunia yang pertamakali dan satu-satunya yang memiliki tiga tim nasional.

Mungkin, apa yang disebut sebagai Timnas Indonesia akan bertambah lagi karena pemerintah, melalui Kemenpora yang dipimpin oleh Roy Suryo, kabarnya juga akan membentuk Badan Tim Nasional (BTN). Belum lagi tindakan KONI yang pernah dikabarkan juga akan membentuk Timnas Indonesia U-23 untuk diterjunkan ke SEA Games 2013.

Awalnya, ”hanya” ada dua timnas di Indonesia, yaitu Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar bentukan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin yang waktu itu masih solid dan Timnas Indonesia asuhan Alfred Riedl atau yang menamakan dirinya ”The Real Garuda” bentukan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti.

Timnas Indonesia PSSI asuhan Nil Maizar terdiri dari para pemain asal kompetisi Indonesia Premier League (IPL) ditambah beberapa pemain dari Divisi Utama PSSI, tim PON, dan sejumlah pemain naturalisasi. Sedangkan Timnas Indonesia versi KPSI yang dibesut oleh Alfred Riedl diisi oleh para pemain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL).

Nah, masalah semakin rumit ketika Djohar Arifin Husin secara sepihak telah menunjuk pelatih baru untuk membesut timnas, yaitu Luis Manuel Blanco. Para petinggi PSSI yang lain, terutama mereka yang menjabat sebagai anggota Exco PSSI, tidak setuju dengan pengangkatan pelatih asal Argentina itu oleh Djohar Arifin Husin yang dianggap tidak taat prosedur. Mereka menegaskan bahwa Nil Maizar tetap pelatih Timnas Indonesia, dan menyebut timnas bentukan Djohar Arifin adalah timnas palsu.

Djohar Arifin Husin tampaknya tak peduli. Ia pun mengumpulkan orang-orang yang bersedia mendukungnya dan kemudian membentuk Badan Tim Nasional (BTN) versi mereka. Bahkan, BTN bentukan Djohar Arifin ini sudah memanggil 6 pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia yang bakal dilatih oleh Luis Manuel Blanco, 4 di antaranya adalah Andik Vermansyah, Irfan Bachdim, Raphael Maitimo, dan Taufiq.

Nah, apa yang akan terjadi selanjutnya? Apa tindakan yang akan diambil oleh FIFA jika Indonesia benar-benar memiliki 3 tim nasional? Silakan urun komentar untuk menyikapi kelucuan sepakbola di negeri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda