Scroll to Top

Chromebook Pixel Resmi Diumumkan Google, Harga 12 Jutaan?

By Ditya / Published on Friday, 22 Feb 2013

Chromebook Pixel

Google secara resmi telah mengumumkan kehadiran notebook touchscreen dengan layar resolusi tinggi, yakni Chromebook Pixel. Notebook Chromebook Pixel ini kabarnya mulai memasuki pasar konsumen pada bulan April 2013 mendatang dengan harga USD $1300 atau sekitar Rp 12 jutaan.

Chromebook Pixel awalnya hanyalah sebuah rumor yang bersumber dari video di YouTube yang mengungkapkan bahwa Google sedang bersiap untuk menghadirkan notebook Chromebook yang dilengkapi layar touchscreen dan diberi nama Pixel. Rumor ini ternyata benar, Google telah mengumumkan kehadiran Chromebook Pixel di blog resmi Chrome.

Berbeda dengan produk Chromebook yang dibesut oleh berbagai produsen PC yang mengusung spesifikasi yang tak terlalu canggih, Chromebook Pixel ini mengusung spesifikasi yang cukup mumpuni. Hal ini membawa Chromebook Pixel untuk menjadi pesaing kuat MacBook Air besutan Apple.

Google membekali Chromebook Pixel ini dengan layar berukuran 12,85 inci touchscreen dengan resolusi yang cukup tinggi, yakni 2560 x 1700 piksel dengan kerapatan layar mencapai 239 pixel per inch (ppi) dan aspek rasio 3:2. Google mengatakan bahwa spesifikasi layar Chromebook Pixel dirancang khusus untuk web.

Dapur pacu Chromebook Pixel ini tak jauh beda dengan ultrabook yang ada di pasaran, yakni ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 dual-core dengan kecepatan 1,8GHz yang dipadukan dengan memeori RAM sebesar 4GB DDR3 serta didukung oleh grafis dari Intel HD Graphics 4000.

Tak hanya itu, Chromebook Pixel ini dibekali ruang penyimpanan berupa SSD berkapasitas 32GB dan cloud storage sebesar 1TB gratis selama 3 tahun. Chromebook Pixel dibekali dengan WiFi, Bluetooth, port USB, trackpad, webcam dan dukungan LTE opsional.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (21/02/2013), Chromebook Pixel ini memang diakui memiliki spesifikasi Chromebook terbaik, tapi harga yang mencapai USD $1300 atau Rp 12 jutaan ini dinilai terlalu mahal. Apakah Google akan menurunkan harganya? Kita lihat saja nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda