Scroll to Top

Real Madrid Lebih Superior dari Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 28 Feb 2013

Real Madrid Lebih Superior dari Barcelona

Real Madrid mulai terlihat lebih superior dari segi hasil El Clasico dibandingkan sang rival Barcelona. Setelah empat tahun mesti menyaksikan dominasi klub Catalan, kali ini Madrid seperti mendapatkan angin baru. Barca belum juga menang dari Real Madrid dalam empat El Clasico terakhir. Sesuatu yang, tak pernah terjadi di era Pep Guardiola.

29 November 2010. Real Madrid berangkat ke Camp Nou untuk menjalankan El Clasico pertama di bawah kendali Jose Mourinho. Memimpin di klasemen sementara La Liga, Los Blancos seakan mampu mengimbangi Barca. Namun, yang terjadi, anak asuh Pep Guardiola mengajarkan cara bermain sepakbola untuk El Real. Skor 5-0 tercipta dan salam lima jari lama berkumandang di dunia.

Tak lebih dari dua tahun, The Special One mengubah karakter Madrid sesuai keinginannya, dan mengubah keadaan. Puncaknya, adalah laga kemarin. Selang 27 bulan sejak pembantaian November berdarah.

Ya, tidak ada yang tiba-tiba. Keberhasilan Real Madrid menaklukkan Barcelona di Camp Nou, sudah dirintis sejak lama. Bahkan mungkin dimulai ketika The Special One menyaksikan timnya diberondong lima gol tanpa balas.

Titik baliknya, terjadi di leg kedua perempat final Copa del Rey tahun lalu. Kala stadion kebanggaan rakyat Catalan, tak mampu menanggung dua gol Real Madrid yang nyaris mengaramkan tiket Barca ke babak berikutnya. Sejak saat itu hingga kemarin, Madrid empat kali melawat ke Camp Nou dengan hasil 2 kemenangan, sekali seri, dan sekali tumbang.

Tak hanya menjadi raja di kandang lawan, Madrid juga meraih hasil yang lebih baik daripada Barcelona, dalam empat El Clasico terakhir. Dua kemenangan dan dua hasil imbang mereka kantongi. Artinya, sudah empat pertemuan beruntun, Barcelona belum juga menundukkan Madrid. Setelah kalah 2-1 di Santiago Bernabeu, Lionel Messi dkk. cuma menahan seri Los Blancos dua kali, lalu tumbang dini hari kemarin.

Hasil-hasil ini, kontras dengan apa yang didapatkan Barca kala Pep Guardiola melatih. Ketika itu, Santiago Bernabeu menjadi lahan memburu kemenangan, dan Madrid lebih sering tumbang. Boleh dibilang, musim ini, dari segi hasil El Clasico, Real Madrid lebih superior daripada seterunya. Apakah hal ini akan berlanjut musim depan, atau hanya sementara?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda