Scroll to Top

Adafruit, Printer Mini yang Ditenagai Raspberry Pi

By Ditya / Published on Tuesday, 05 Mar 2013

Adafruit Printer

Proyek kreatif berbasis komputer mini Raspberry Pi terus berkembang. Kali ini muncul sebuah printer wireless yang dibangun dengan basis komputer mini Raspberry Pi yang dibuat oleh Adafruit. Printer mungil ini dapat digunakan untuk mencetak kertas berukuran mungil pula.

Adafruit membangun sebuah proyek kreatif berbasis komputer mini Raspberry Pi. Proyek tersebut adalah Adafruit wireless printer kit atau sebuah printer nirkabel. Tak hanya itu, versi Adafruit printer yang masih menggunakan kabel juga di sediakan.

Adafruit printer kit versi wireless atau nirkabel ini dibangun menggunakan basis komputer mini Raspberry Pi model B dengan sistem operasi Raspbian Linux yang didukung oleh Arduino Uno. Sekilas, perangkat ini tak tampak seperti sebuah printer, karena bentuknya yang mungil.

Perangkat lunak atau software pada Adafruit wireless printer kit ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Phyton dan printer tersebut menggunakan Phyton Imaging Library  yang memungkinkan beberapa pilihan untuk tipografi dan grafis.

Tak hany itu, pemilihan bahasa pemrograman Phyton ini juga memungkinkan pengguna untuk menyiapkan kode sendiri untuk menghasilkan software atau perangkat lunak untuk Adafruit printer ini sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna.

Printer mungil berbasis Raspberry Pi ini datang dengan beberapa contoh aplikasi untuk mencetak materi sehari-hari, sebut saja laporan cuaca, puzle sudoku, kicauan dari Twitter bahkan mencetak sebuah gambar dengan lebar 2 hingga 2,25 inci.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (04/03/2013), perbedaan harga Adafruit printer wireless dengan non wireless cukup tinggi. Versi wireless dibanderol dengan harga USD $189 dan versi dengan kabel dibandrol dengan harga USD $80. Penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda