Scroll to Top

10 Hal yang Seharusnya Tidak Anda Bagikan di Media Sosial

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 06 Mar 2013

Twitter Laptop

Anda boleh saja adiktif di social media. Kecanduan dipebolehkan. Namun 10 hal ini seharusnya tidak Anda bagikan di media sosial. Berikut diantaranya yang dikutip dari HowStuffWorks Rabu (06/03/13).

10. Percakapan pribadi

Di Facebook Anda bisa mengirim post ke Timeline pengguna lain. Jangan bagi percakapan itu. Pun juga percakapan pribadi serupa seperti screen shot atau copy teks di inbox, chat, email, dan lainnya.

9. Rencana ‘rahasia’

Miliki rencana dan disebar (undangan) di media sosial boleh saja. Namun untuk rencana tertentu, jangan dipublikasi secara terbuka. Misalkan saja ingin rayakan pesta ulang tahun dengan ‘geng teman dekat’ Anda. Sebar undangan di media sosial secara tertutup.

8. Lokasi

Baik Facebook dan Twitter miliki fitur lokasi. Ini belum lagi di jejaring sosial berbasis lokasi, Foursquare. Sangat dianjurkan untuk tidak berbagi lokasi. Bukan ingin paranoid, jika ada orang yang berniat buruk pada Anda, ia akan mudah menemukan Anda.

7. Informasi perusahan

Ini penting bagi karyawan yang gemar bermain media sosial. Berbagi hal soal perusahaan, kantor dimana kita berkerja sah-sah saja. Menggunjingkannya juga tak masalah. Namun jangan sesekali berbagi informasi detail perusahaan. Terlebih yang bersifat rahasia.

6. Informasi keluarga

Informasi dalam kategori ini luas. Bisa foto, lokasi, video, dan lainnya. Misalkan saja Anda berbagi status “Kami sekeluarga pergi ke Puncak, rumah kosong melompong”, ini sangat beresiko. Tak ingin rumah disatroni maling kan?

5. Kontak pribadi

Nomor telepon, PIN BB, email, alamat rumah, dll seyogianya jangan dibagikan di media sosial. Kontak bisa saja dibagikan hanya untuk profil tertutup. Hanya teman Anda yang bisa melihat, orang lain cuma bisa meraba-raba.

4. Informasi keuangan

Selain kontak, ini juga penting. Jangan mengumbar data keuangan pribadi. Misalkan saja akun bank, info rekening, apalagi nomor kartu kredit. Cybercrime sangat cerdik memanfaatkan segala celah untuk membobol keuangan Anda.

3. Kata sandi

Semua pengguna media sosial pasti sepakat jika password haram hukumnya dibagikan ke publik. Namun terkadang pengguna sering ngeyel dan membagikannya ke pengguna terdekat. Misalkan kekasih, istri, atau di kasus-kasus tertentu atasan.

2. Pertanyaan rahasia

Hal yang bersifat rahasia seharusnya memang tak boleh dibagikan. Meski sekadar iseng, jangan sesekali membagikan clue tentang sandi rahasia Anda. Misalkan saja Anda berbagi status “Saya berbulan madu ke Bali”. Ini sangat vital. Salah satu secreat question populer yang sering digunakan yakni “Where you go on a honeymoon?”.

1. Apapun yang tidak ingin Anda bagikan

Terakhir kembali ke diri Anda sendiri. Jika tak ingin membagikan sesuatu yang menurut Anda tak baik atau tak laik untuk dibagikan, ya  jangan dibagikan. Entah itu tautan, video, catatan, teks, lokasi, atau lainnya. Ikuti kata hati Anda dan jangan menyesal di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda