Scroll to Top

Kualifikasi GP Belgia : Pole Dramatis Sebastian Vettel

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 27 Aug 2011

vettel-belgiaSebastian Vettel mencatat pole kedelapannya pada GP Belgia secara dramatis dengan mendepak Lewis Hamilton dari posisi puncak sesaat jelang usainya sesi kualifikasi.

Vettel mendapat perolehan waktu 1:48.298 atau 0.4 detik lebih cepat dari Lewis Hamilton di posisi kedua. Sementara rekan satu tim Vettel, Mark Webber mengisi posisi ketiga.

Kejutan sudah terjadi sejak kualifikasi dimulai, Michael Schumacher yang pada seri ini merayakan  peringatan 20 tahun sejak debutnya di Formula 1 harus keluar paling awal setelah ban belakang bagian kanannya terlepas dan mobilnya menabrak dinding.

Banyaknya pembalap yang terlibat kecelakaan mewarnai jalannya Q1 dan Q2. Selain Schumacher, nama seperti Paul di Resta dan Adrian Sutil juga mengisi daftar pembalap yang mengalami kesialan.

Bahkan sebuah insiden antara Lewis Hamilton dan Pastor Maldonado pada Q2 nyaris membuat keduanya berakhir sama seperti pembalap lainnya yang lebih dulu harus keluar dari sesi ini.

Kejutan berikutnya datang dari kubu Mclaren, pembalap mereka, Jenson Button tidak mampu mengimbangi penampilan apik Lewis Hamilton setelah ia gagal menembus Q2.

Setelah melalui Q1 dan Q2 dalam kondisi lintasan basah, kualifikasi Q3 dimulai dalam kondisi lintasan kering. Pertarungan ketat pun terjadi antara Mark Webber, Sebastian Vettel, dan Lewis Hamilton pada babak ini. Hamilton sukses mepertajam catatan waktu Webber di fase akhir kualifikasi.

Ketika orang mulai berpikir bahwa Hamilton lah yang akan menjadi peraih pole position kali ini, Vettel datang mempertajam catatan waktu Hamilton dan seketika melanjutkan tren positif Red Bull dengan selalu menempatkan pembalapnya pada pole position di sepanjang seri yang telah berlangsung.

Balapan yang diadakan pada esok hari diprediksi akan berada dalam kondisi kering. Vettel yang berada pada pole position mengisi unggulan pertama pembalap. Red Bull kemungkinan akan kembali menguasai seri kali ini.

Satu-satunya pembalap yang memiliki peluang mengobrak-abrik kemenangan Red Bull adalah Hamilton. Konsistensinya sejak sesi latihan pertama digelar dapat menjadi acuan bahwa Hamilton cukup kompetitif untuk meraih kemenangan.

Hasil Kualifikasi GP Belgia, Spa Francorchamps 2011:

  1.  Sebastian Vettel      Red Bull-Renault
  2.  Lewis Hamilton        McLaren-Mercedes
  3.  Mark Webber           Red Bull-Renault
  4.  Felipe Massa          Ferrari
  5.  Nico Rosberg          Mercedes
  6.  Jaime Alguersuari     Toro Rosso-Ferrari
  7.  Bruno Senna           Renault
  8.  Fernando Alonso       Ferrari
  9.  Sergio Perez          Sauber-Ferrari
  10.  Vitaly Petrov         Renault
  11.  Sebastien Buemi       Toro Rosso-Ferrari
  12.  Kamui Kobayashi       Sauber-Ferrari
  13.  Jenson Button         McLaren-Mercedes
  14.  Rubens Barrichello    Williams-Cosworth
  15.  Adrian Sutil          Force India-Mercedes
  16.  Pastor Maldonado      Williams-Cosworth
  17.  Heikki Kovalainen     Lotus-Renault
  18.  Paul di Resta         Force India-Mercedes
  19.  Jarno Trulli          Lotus-Renault
  20.  Timo Glock            Virgin-Cosworth
  21.  Jerome D’Ambrosio     Virgin-Cosworth
  22.  Tonio Liuzzi          HRT-Cosworth
  23.  Daniel Ricciardo      HRT-Cosworth
  24.  Michael Schumacher    Mercedes

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda