Scroll to Top

Tablet Android Murah akan Kuasai Pasar, Menurut IDC

By Ditya / Published on Wednesday, 13 Mar 2013
HP Slate 7
HP Slate 7

Tablet Android yang rata-rata dijual dengan harga yang murah akan menguasai pasar tablet, hal ini diungkapkan oleh lembaga riset pasar, IDC. Bahkan IDC telah meningkatkan proyeksi pengiriman tablet Android pada tahun 2013 dari perkiraan 172,4 juta unit menjadi 190,9 juta unit.

IDC juga meyakini bahwa tablet dengan sistem operasi Android akan segera memaksa iPad turun tahta dari tampuk kepemimpinan pasar tablet. Tablet Android diperkirakan akan menguasai 48% pasar dan menduduki peringkat pertama, disusul Apple iPad di posisi kedua dengan pangsa pasar 46%, dan posisi ketiga akan diduduki oleh tablet berbasis Windows dengan pangsa pasar 4,7 persen.

IDC yakin, faktor utama yang membuat tablet Android akan menguasai pasar tablet adalah karena harganya yang relatif lebih murah dibanding iPad atau tablet berbasis sistem operasi Windows. Menurut IDC, konsumen tak menginginkan tablet premium  dengan harga menyapai $500 atau lebih.

Tablet dengan harga kisaran USD $150-$250 adalah pilihan sebagian besar konsumen. Hal ini juga diamini oleh produsen tablet dengan meluncurnya tablet murah dengan kisaran harga tersebut, yakni HP Slate 7, Nexus 7, dan Kindle Fire.

Tak hanya itu, tablet dengan sistem operasi Windows diperkirakan akan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar karena momentum yang lebih besar. IDC memperkirakan total 350 juta unit tablet akan terjual pada tahun 2017 mendatang.

“Satu dari dua tablet yang dikirimkan pada kuartal ini adalah tablet dengan ukuran layar dibawah 8 inci. Tablet yang mengusung layar berukuran kecil akan terus tumbuh di tahun 2013 dan seterusnya,” kata Jitesh Ubrani, seorang analis IDC.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (12/03/2013), Saat ini tablet dengan layar 10,1 inci atau lebih besar masih belum mampu mengalahkan penjualan tablet dengan ukuran layar lebih kecil. Hal ini disebabkan karena mobilitas tablet dengan layar kecil lebih tinggi, sehingga orang akan lebih mudah membawa tablet kemana-mana dan melakukan tugas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda