Scroll to Top

Buah Nanas, Si Kuning yang Kaya Vitamin C

By C Novita / Published on Wednesday, 13 Mar 2013

buah nanas

Buah nanas dapat dijumpai dalam berbagai olahan yang lezat. Sebagai teman makan roti, nanas diolah menjadi selai. Sebagai minuman segar, nanas dijadikan jus. Sebagai camilan, nanas kerap ditemui dalam rujak, salad, atau pun puding.

Buah yang berasa manis asam namun segar ini memang cukup banyak dijumpai di pasaran tanah air. Selain enak, kandungan vitamin C pada buah nanas juga banyak. Ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia, dan menjauhkan dari infeksi.

Selain vitamin C, buah nanas juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti potasium. Potasium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur denyut jantung dan tekanan darah agar normal dan teratur.

Nanas juga punya kandungan zat mangan, yang bermanfaat memecah sel lemak dan penting untuk pertumbuhan.

Karbohidrat serta protein dalam jumlah cukup juga ada dalam nanas. Untuk diketahui, bahwa dalam 1 cangkir nanas Anda dapat 78.9 mg vitamin C dan 180 mg potasium.

Bagi yang sedang menjalankan program diet atau menderita kolesterol tinggi, maka konsumsi nanas sebagai buah tak akan menambah jumlah lemak Anda, sebab tak ada kandungan lemak dalam buah nanas.

Namun karena sodium pada nanas cukup tinggi, penderita hipertensi sebaiknya tak banyak-banyak mengkonsumsinya.

Pada nanas terdapat zat bernama Bromelain, yang manfaatnya baik untuk mempercepat penyembuhan luka dan infeksi. Juga membantu penyembuhan sinus, arthritis, serta gangguan pencernaan dan asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda