Scroll to Top

Inilah Domain Pertama dan Tertua di Internet

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 16 Mar 2013

Internet

Tahukah Anda jika hari ini (waktu AS) tepat usia 28 tahun domain Symbolics.com. Ya, domain tersebut adalah domain pertama yang didaftarkan di internet sekaligus domain tertua. 15 Maret 1985, atau 28 tahun yang lalu Symbolics.com resmi terdaftar di dunia maya untuk pertama kalinya.

Tahun itu Mark Zuckerberg baru lahir di dunia. Kala itu pula bertepatan dengan debut Mike Tyson sebagai petinju pro. Symbolics sendiri adalah sebuah perusahaan yang membangun sistem komputer di Cambridge.

Hari ini Symbolics.com tercatat sebagai domain pertama sekaligus tertua yang pernah didaftarkan di internet dari sekitar 250 juta domain terdaftar. Domain-domain tertua lainnya yakni:

  • BBN.com – dimiliki Raytheon.
  • Think.com – dimiliki Oracle.
  • MCC.com – dilindungi proteksi privasi.
  • DEC.com – dimiliki HP.

Menurut Aron Meystedt yang kini mengelola situs Symbolics.com, perusahaan Symbolics yang ber-home base di Massachusetts kini telah ditutup. Di medio 80-an perusahaan ini sejatinya adalah pioner dalam teknologi komputasi.

Symbolics.com
Situs Symbolics.com saat ini (header)

“Saya ingin memberikan kredit ini yang mana kredit itu bukan milik saya. Saya hanya seorang pria yang cukup beruntung berada di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat untuk meneruskan sejarah internet,” tulisnya.

Dikuti dari laman Symbolics.com Sabtu (16/03/13), perusahaan Symbolics meciptakan mesin Lisp, sebuah komputer yang dirancang untuk menjalankan Lisp (List Processing Language).

“Hari ini mari kita beri ucapan selamat kepada mantan karyawan perusahaan komputer Symbolics, meski perusahaan ini telah menghentikan operasi namun semangat kepeloporan akan hidup untuk waktu yang sangat lama,” lanjut Aron Meystedt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda