Scroll to Top

Hasil F1 GP Australia : Kimi Raikkonen Menangi Seri Pembuka

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 17 Mar 2013

Top Three F1 GP Australia 2013

Kimi Raikkonen dan Lotus Renault sukses mematahkan prediksi banyak orang yang beranggapan bahwa Red Bull akan dengan mudah menguasai seri pembuka F1 2013 di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia.

Sesi kualifikasi yang baru rampung di Minggu pagi memang memperlihatkan perbedaan kecepatan yang cukup signifikan antara tim juara bertahan, Red Bull, dan rival-rival yang berada dibelakangnya.

Namun, yang terjadi pada start GP Australia ini berbeda dari kenyataan yang terlihat pada sesi kualifikasi. Red Bull malah terlihat kesulitan mengimbangi kecepatan dari tim-tim lawan.

Sebastian Vettel hanya mampu finis diposisi ketiga kendati mampu memulai lomba dengan baik menjaga posisinya sebagai pimpinan lomba. Rekan satu tim Vettel, Mark Webber, juga meraih hasil kurang maksimal dengan hanya mampu finis di posisi keenam.

Raikkonen bersama Lotus dengan strategi dua pit stop-nya terbukti menjadi duet paling berhasil di seri pembuka ini. Pembalap Finlandia tersebut berhasil mengungguli Fernando Alonso 12 detik untuk finis sebagai pemenang.

Alonso yang juga tampil menjanjikan pada akhir minggu ini harus puas finis kedua setelah beberapa kali terjebak traffic dari pembalap yang berada di baris belakang saat sedang mengejar Raikkonen.

Ferrari menjadi tim yang paling banyak mendulang angka pada seri pembuka ini setelah Felipe Massa berhasil finis di posisi keempat. Dibelakang Massa, Lewis Hamilton, sukses meraih poin perdananya bersama tim Mercedes setelah finis kelima.

Adrian Sutil yang sempat memimpin lomba selama beberapa putaran akhirnya finis di posisi ketujuh diikuti rekan satu timnya, Paul di Resta, yang finis di posisi kedelapan.

Jenson Button menjadi satu-satunya wakil dari Mclaren yang finis di posisi sepuluh besar setelah rekan satu timnya, Sergio Perez, gagal memenangkan duel dengan Romain Grosjean yang finis di posisi kesepuluh pada akhir lomba. Perez pun harus puas finis di posisi ke-11.

Secara keseluruhan jalannya lomba pada seri perdana berlangsung menarik. Tidak terlihat adanya dominasi dari satu tim seperti yang terjadi beberapa tahun lalu.

Seri selanjutnya di Malaysia yang akan digelar pada 24 Maret mendatang tampaknya akan menjanjikan pertarungan yang tidak kalah seru dengan pertarungan di seri perdana ini.

Hasil F1 GP Australia 2013, Sirkuit Albert Park :

  1.  Kimi Raikkonen Lotus-Renault 1h30m03.225s
  2.  Fernando Alonso Ferrari + 12.451s
  3.  Sebastian Vettel Red Bull-Renault + 22.346s
  4.  Felipe Massa Ferrari + 33.577s
  5.  Lewis Hamilton Mercedes + 45.561s
  6.  Mark Webber Red Bull-Renault + 46.800s
  7.  Adrian Sutil Force India-Mercedes + 1m05.068s
  8.  Paul di Resta Force India-Mercedes + 1m08.449s
  9.  Jenson Button McLaren-Mercedes + 1m21.630s
  10.  Romain Grosjean Lotus-Renault + 1m22.759s
  11.  Sergio Perez McLaren-Mercedes + 1m23.367s
  12.  Jean-Eric Vergne Toro Rosso-Ferrari + 1m23.857s
  13.  Esteban Gutierrez Sauber-Ferrari + 1 lap
  14.  Valtteri Bottas Williams-Renault + 1 lap
  15.  Jules Bianchi Marussia-Cosworth + 1 lap
  16.  Charles Pic Caterham-Renault + 2 laps
  17.  Max Chilton Marussia-Cosworth + 2 laps
  18.  Giedo van der Garde Caterham-Renault + 2 laps

Retirements:

  • Daniel Ricciardo Toro Rosso-Ferrari
  • Nico Rosberg Mercedes
  • Pastor Maldonado Williams-Renault
  • Nico Hulkenberg Sauber-Ferrari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda