Scroll to Top

Windows XP: Dukungan Microsoft Berakhir 8 April 2014

By Ditya / Published on Tuesday, 19 Mar 2013
Windows XP
Windows XP

Microsoft dikabarkan akan mengakhiri dukungan terhadap sistem operasi Windows XP pada 8 April 2014 mendatang, atau kurang lebih 386 hari lagi. Tampaknya Microsoft terus berupaya untuk memindahkan pengguna sistem operasi Windows XP ke sistem operasi yang lebih baru, yakni Windows 7 atau Windows 8.

Sistem operasi Windows XP sendiri pertama kali meluncur pada tahun 2001 dan kini telah berumur hampir 12 tahun. sistem operasi Windows XP ini tercatat sebagai salah satu sistem operasi besutan Microsoft yang paling sukses. Namun, sistem operasi ini sudah cukup ketinggalan dan risiko ancaman keamanan yang lebih tinggi.

Windows XP akan secara resmi pensiun pada 8 April 2014 atau kurang lebih 1 tahun 21 hari atau 386 hari lagi. Raksasa perangkat lunak yang berbasis di Redmond ini tampaknya memberikan cukup waktu bagi pengguna sistem operasi Windows XP untuk melakukan migrasi ke sistem operasi yang lebih baru, seperti Windows 7 atau Windows 8.

Namun, upaya migrasi pengguna Windows XP ke sistem operasi yang lebih baru bukanlah hal yang mudah, karena saat ini pengguna Windows XP masih menguasai sekitar 39% menurut data dari Net Applications. Saat ini, Windows 7 telah memimpin pangsa pasar sistem operasi desktop dengan menguasai 45% pasar di seluruh dunia.

Bagi pengguna rumahan atau pengguna biasa, mungkin migrasi dari Windows XP ke sistem operasi baru seperti Windows 7 dan Windows 8 bukanlah hal yang terlalu sulit. Namun, bagi pengguna corporate atau perusahaan, migrasi ini membutuhkan waktu dan biaya yang tak sedikit.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (18/03/2013), lalu apa yang terjadi setelah dukungan Microsoft terhadap Windows XP berakhir? Sistem operasi Windows XP kemungkinan tetap dapat digunakan, tetapi tak akan mendapat update keamanan dari Microsoft. Sehingga, hal ini akan meningkatkan risiko keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda