Scroll to Top

Nvidia: Spesifikasi PlayStation 4 Kuno

By Ditya / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

DualShock 4

Setelah beberapa waktu lalu Nvidia menyatakan bahwa pihaknya tak berminat untuk memasok komponen PS 4, kini petinggi perusahaan pembesut kartu grafis GeForce ini melontarkan komentar bahwa spesifikasi yang diusung oleh Sony PlayStation 4 tersebut sudah outdated atau kuno.

Seperti yang kita tahu, konsol PS 4 ini ditenagai oleh prosesor x86 besutan AMD, yakni AMD Jaguar 8 core yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon HD berarsitektur GCN (Graphics Core Next) dan didukung dengan unified memori sebesar 8GB GDDR5.

Tak hanya itu, AMD mengatakan bahwa yang digunakan oleh konsol PS 4 ini adalah SoC (System on Chip) yang bisa disebut dengan custom APU yang diintegrasikan dengan grafis GCN dengan 1.152 stream prosesor yang diklaim mampu menghasilkan kinerja hingga 1,84 TFLOPS.

Juru bicara Nvidia, Tony Tamasi, mengungkapkan bahwa spesifikasi konsol PS 4 diatas adalah kuno. Konsol besutan Sony tersebut menurut Nvidia menggunakan prosesor kelas low-end dan menggunakan grafis kelas menengah saja. Tak ada yang istimewa dari spesifikasi konsol tersebut.

“Jika konsol PS 4 mulai dikapalkan Desember, dengan spesifikasi seperti itu, Sony hanya menawarkan kinerja grafis setengah dari GeForce GTX680 yang diluncurkan Maret 2012 lalu. Apa yang dapat dilakukan dengan kinerja konsol itu 5 hingga 10 tahun mendatang?,” kata Tony Tamasi, juru bicara Nvidia.

Tony Tamasi juga mengatakan bahwa platform gaming berupa konsol akan tertinggal di belakang PC gaming, karena konsol adalah platform tertutup dan tak dapat di-upgrade. Sedangkan PC gaming terbuka dan dapat di-upgrade jika diperlukan.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (18/03/2013), pertanyaan pun muncul, mengapa Nvidia meluncurkan pernyataan yang menyudutkan konsol tersebut? Apa karena semua konsol terbaru yang terdiri dari PlayStation 4, Xbox 720, dan Wii U ditenagai grafis AMD yang notabene pesaing berat Nvidia? Entahlah, bagaimana menurut pembaca? Silahkan berkomentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda