Scroll to Top

Intel Siapkan 4 Prosesor Pentium Berbasis Ivy Bridge, Meluncur Tahun 2013

By Ditya / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

Intel ultraBook

Intel, produsen prosesor x86 terbesar di dunia ini kabarnya tengah menyiapkan empat prosesor Pentium yang menggunakan basis generasi Intel Core generasi ketiga, yakni Ivy Bridge. Keempat prosesor Pentium tersebut akan membidik pasar komputer desktop kelas low-end dan akan diluncurkan tahun 2013 ini.

Seperti yang kita tahu, Ivy Bridge adalah nama sandi prosesor Intel Core generasi ketiga yang menggunakan proses fabrikasi 22nm dan merupakan penerus Sandy Bridge. Keempat prosesopr Pentium ini akan menjadi senjata Intel untuk membidik pasar PC kelas low-end.

Keempat prosesor Pentium ini mirip dengan sebuah prosesor Intel Core i3 yang dipangkas beberapa fiturnya. Keempat prosesor Pentium ini menggunakan soket LGA 1155 dengan grafis terintegrasi dengan kecepatan 650MHz dan dapat meningkat hingga 1050Mhz pada modus Turbo.

Intel memangkas fitur HyperThreading dan TurboBoost pada keempat prosesor Pentium terbaru ini. Tak hanya itu, Intel membagi prosesor Pentium terbarunya ini dengan dua varian konsumsi daya, yakni varian T dengan TDP (Thermal Design Power) 35W dan varian tanpa imbuhan T menggunakan TDP 55W.

Pentium Ivy Bridge

Varian tertinggi untuk Pentium seri T adalah Pentium G2120T yang merupakan prosesor dual-core yang berlari dengan kecepatan 2,7GHz dan disusul oleh Pentium G2030T yang berlari dengan kecepatan 2,6GHz. Keduanya dilengkapi dengan L1 cache 1MB dan L3 cache 3MB.

Sedangkan prosesor Pentium varian non-T seri tertinggi adalah Pentium G2140 dual-core yang berlari dengan kecepatan 3,3GHz dan disusul oleh Pentium G2030 yang berlari dengan kecepatan 3GHz. Keduanya dilengkapi dengan L1 cache 1MB dan L3 cache 3MB.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (18/03/2013), sampai saat ini belum ada informasi mengenai kapan keempat prosesor Pentium generasi terbaru ini diluncurkan ke pasar. Harga keempat prosesor ini juga belum diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda